Home PageArtikelFINALIS LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

FINALIS LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

Feb 21

Membangun Tim Reseller Untuk Menjual Produk Aksesoris Handmade

Siapa Itu Reseller?Orang yang membeli produk kita untuk dijual kembali. Biasanya mereka merupakan pelanggan yang puas saat memakai produk kita, dan melihat peluang usaha untuk memasarkan produk ini ke orang-orang yang dia kenal.

Beda Reseller & DropshipperKeduanya sama-sama membantu menjual produk kita, namun memiliki perbedaan :Reseller Menerima barang dari kita terlebih dulu, lalu menawarkan barang dagangan ke pelanggan mereka, sementara Dropshipper, langsung memberikan nama Customer mereka ke kita, lalu kita akan langsung mengirimkan barang ke customer tsb dengan mencantumkan alamat pengiriman an Dropshipper.

Tahapan Membentuk Tim Reseller untuk Bisnis Aksesoris berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan, biar orang berminat untuk menjualkan ulang produk yang kita buat.

1. Membuat Standard Produk yang JelasMeskipun produk yang kita buat merupakan produk handmade, yang setiap hasilnya unik, sejatinya harus ada standard yang jelas untuk menjaga kualitas produksi dari waktu ke waktu. Kalau memang kita tidak bisa membuat yang persis sama, ada baiknya untuk menampilkan contoh beberapa produk yang dibuat dalam jumlah banyak dan gak sama tersebut dalam 1 frame agar orang bisa mengenali “Keunikan Produk Handmade”.

Standard produksi ini ditandai dari :– bentuk tampilan produk, meski ga persis sama harusnya sepintas mirip– kualitas bahan yang digunakan, mungkin warnanya ga sama, tapi semua dari kristal yang grade nya setara– kemasan dan kelengkapan produk lain (jenis peniti, kawat dsb)

2. Lengkapi setiap Produk dengan Deskripsiagar orang yang tidak bisa melihat secara langsung bisa lebih mudah membayangkan produk yang akan dibeli. Standard produk akan membantu kita membuat penjelasan yang informatif untuk setiap jenis barang yang akan kita jual ulang. Deskripsi ini biasanya menjelaskan beberapa hal diantaranya :

Ukuran dan dimensi produk Bahan Baku yang digunakan dalam proses pembuatan Fungsi dan kegunaan Bentuk kemasan yang digunakan Berat Produk (untuk menentukan biaya pengiriman secara online)

kita bisa juga menambahkan informasi mengenai nilai unik dan kualitas yang dimiliki produk untuk membuat orang semakin tertarik memiliki barang yang kita jual. Deskripsi yang jelas dan informatif akan membantu tenaga penjual, lebih mudah menjelaskan produk dagangan kita kepada calon pembeli.

3. Siapkan Materi Soft Selling yang Mengedukasi dan Bermanfaat buat Calon Pelanggan

Materi ini biasanya ditandai dengan info umum yang bisa membantu menyelesaikan masalah yang biasa dihadapi oleh calon pembeli kita. Misalnya Tips Merawat Aksesoris Agar tidak mudah rusak/berubah warna, kita bisa juga mencantumkan produk aksesoris bersama pakaian dan aksesoris pelengkap lain untuk memberi gambaran bagaimana cara memadukan aksesoris kita untuk penggunaan sehari-hari.Semakin piawai kita mengangkat topik yang bermanfaat, orang akan merasa terbantu bahkan rela membagikan postingan kita secara cuma-cuma melalui sosial medianya. Jangan lupa cantumkan produk yang jadi unggulan di dalam postingan2 soft selling ini, untuk menarik minat calon pelanggan mengenai produk dagangan kita.

4. Sampaikan Tata Cara dan Peraturan untuk Menjadi Reseller lengkap dengan Keuntungan yang didapatkan

Peraturan ini penting untuk membuat keseragaman sekaligus juga untuk membantu kita mengelola mereka ketika jumlahnya berkembang pesat. Hal-Hal yang diatur, bebas tergantung pada kebutuhan serta tujuan yang dicapai. Peraturan ini juga membantu Reseller memahami Hak dan Kewajibannya dalam jalinan kerjasama yang dilakukan.

Hal-Hal yang biasa diatur dalam peraturan ini biasanya meliputi :

Cara Pembayaran, apakah harus cash atau bisa dicicil Jaminan Kualitas Produk, apakah menerima reparasi atau penggantian atas produk yang diterima dalam keadaan rusak Apakah Produk bisa ditukar tambah, bila tidak habis terjual dsb.Yang harus dipahami, semakin banyak kemudahan yang diberikan kepada Reseller, semakin kecil margin keuntungan yang dibagi. Pahami bahwa setiap kerepotan yang terjadi adalah biaya ekstra bagi kita.

Agar menarik, keuntungan jadi reseller juga harus disampaikan ya…Keuntungan ini gak selalu tentang uang! Memang Uang, atau Harga yang Murah akan menarik dengan cepat, namun juga memungkinkan mereka berpaling dengan cepat.

Fokus Pada Keunikan Produk dan Pelayanan Kita, diantaranya :

Reseller mendapatkan kesempatan membeli produk terbaru lebih dulu. Reseller yang berhasil menjual paling banyak, akan mendapat ekstra Produk pada bulan berikutnya Reseller mendapatkan sesi Belajar Online Gratis, Cara Mengembangkan Usaha di Sosial Media Reseller mendapatkan Pelatihan Fotografi Reseller mendapat Foto Kualitas Super setiap Minggu untuk Membantu Penjualan

Semakin banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan Reseller, maka semakin besar kemungkinan kita memiliki tenaga penjualan yang handal dan mampu membantu memajukan usaha kita.

5. Siapkan Stok Produk

Jangan sampai kita buka pendaftaran buat jadi reseller tapi produknya ga ada stoksehingga ketika orang bermaksud untuk menjualkan kembali dagangan kita mereka harus menunggu dalam waktu yang lama. Nah masalahnya kadang ketika momennya hilang, keinginan orang buat belanja juga akan menurun, bukan ga mungkin yang awalnya semangat mau njualin, eh jadi batal karena nunggu barangnya kelamaan..

Maka pastikan kita punya beberapa produk ready. Buat catatan produk2 mana yang digemari, warna yang selalu laris, informasi ini akan sangat membantu teman2 yang baru bergabung jadi reseller saat akan memilih barang untuk dijual lagi

6. Buat Paket Produk yang memudahkan Calon Reseller MemilihAnggap kita ke restauran untuk pertama kaliga jarang kita bingung harus memesan apaseandainya di halaman menu ditambahkan keterangan set makanan yang sering jadi favorit maka akan memudahkan calon pembeli untuk menentukan pilihan

Saya sendiri biasanya membuat paket dengan menyusun target marketmisal paket untuk kantoran : isinya produk yang digemari karyawatipaket untuk mahasiswa dan pelajar : isinya produk berukuran kecil dalam nuansa warna warni yang ceriapaket untuk ibu arisan : desain model produknya lebih etnik dan classic.

Jan 02

Tahun Baru, “Bikin Rencana Kerja” Atau “Jalani Aja”

Dilema Tahun baru, Pebisnis Rumahanmau pake rencana..mau dijalani aja..menurut saya, keduanya sama baiknya

Tapi yang harus dipastikan lagi, apakah hal itu cocok buat kita?? Apa itu yang kita butuhkan?Ketika kita gagal mengenali kebutuhan dan apa yang kita butuhkan dan inginkan dalam bisnis yang kita jalani, akan sangat besar kemungkinan untuk keliru membuat keputusan di tahap awal berbisnis ini

Maka sebenarnya “Yang paling penting untuk dilakukan di Awal Tahun, adalah mencari tau apa yang ingin kita lakukan sebagai pengusaha, untuk membawa bisnis kita jadi lebih maju dan bermanfaat”

“Tahun kemarin ternyata banyak bulan-bulan gak efektif, karena nyaris ga ada produksi sama sekali. ide juga buntu mau ngapain lagi” Kalau gitu tahun ini Berubah!!! mungkin kita tipe yang harus pake rencana biar lebih terarah mau ngapain

“Selama ini sudah bikin Rencana Kerja, tapi malah suka stres sendiri kalau ga bisa tercapai. Apalagi pas pandemi ternyata banyak rencana yang gak sesuai estimasi” Kalau gitu buat target kerja yang lebih fleksible, membantu kita punya arah tanpa merasa bersalah ketika gak sesuai rencana

“Sebenernya pengen bikin rencana kerja, tapi masih gak tau harus ngapain dan gmana? apalagi usaha emang masih baru” Kalau kita di point yang ketiga, berarti yang harus dilakukan adalah mencari tau langkah-langkah membuat Rencana Kerja.

Membuat Rencana PendapatanAngka itu tolak ukur paling jujur!! Dan kalau mau bikin target yang realistis dan mudah dihitung, buatlah target yang bisa di-angka-kan. Saya sendiri milih bikin “Target Pendapatan”Misal Pendapatan yang kita inginkan adalah 5 Juta/Bulan,artinya :– Satu Minggu Rp 1.250.000 (4 minggu/bulan)– Satu Hari Rp 250.000 (5 hari kerja)Ketika gak pernah ditulis nominalnya kita akan cenderung bikin stok barang sesuai yang kita suka aja, tanpa memperhitungkan bahwa barang tersebut bisa mendatangkan pendapatan Rp 250.000. Setelah tau angka yang harus dicapai, kerja kita lebih terarah dan terukur. Karena gak mungkin kan ya bisa dapet penghasilan Rp 250.000 kalau ternyata stok barang kita saat ini nilainya cuma Rp 100.000 Membuat Rencana ProduksiKalau selama ini kita termasuk pengusaha craft yang masih “Made by Mood” Rencana Produksi akan membantu kita lebih terarah dalam menentukan harus bikin apa di setiap masa produksi.Dalam menentukan jenis barang yang akan dibuat, saya biasa menggunakan acuan dari daftar barang yang terjual di tahun-tahun sebelumnya. Inilah pentingnya untuk selalu mendokumentasikan produk yang kita buat, salah satunya untuk membantu kita mengingat jenis produk yang digemari pelanggan kita.Cara ini jauh lebih jitu dibanding hanya sekedar ikut membuat produk yang sedang trend dipasar/atau rame di toko sebelah, tanpa benar-benar menyesuaikan dengan selera atau kebutuhan pelanggan potensial kita. Sebab harus disadari, meski sama-sama menjual produk aksesoris sebenarnya pelanggan kita dan pelanggan di toko lain memiliki kesukaan unik yang berbeda. Maka semakin jeli kita mengenali kesukaan pelanggan potensial di toko kita, semakin besar potensi produk cepat diserap pasar Jadwal Promosi dan Kegiatan PenjualanProduk yang bagus akan gagal diterima pasar, ketika kita tidak bisa mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik di mata pelanggan. Maka hal yang wajib direncanakan juga adalah kegiatan promosi dan penjualan, diantaranya :– Memilih kemasan yang menarik untuk produk– Melakukan pemotretan Produk untuk katalog Online– Menyiapkan Toko Online di Sosial Media/Market Place– Membuat Program Campaign dan Iklan (Diskon Lebaran, Paket Bundling 17 Agustus dsb)– Mengikuti Pameran, Bazar dan Kelas Pelatihan yang mendukung usahaRencana Pemasaran yang dibuat seiring sejalan dengan Rencana Produksi akan membuat sistem kerja toko kita lebih efisien. Ketika dilakukan tanpa rencana, kita bisa saja melakukan kesalahan seperti: mempromosikan produk yang stoknya minim atau sudah tidak dapat dibuat ulang Daftar Tugas HarianPernah gak ngerasa sibuk banget seharian, tapi pas ditanya “Tadi ngapain aja?” kita bingung jawab apa. Kalau kita ngalamin hal ini coba mulai belajar menguraikan dan mencatat apa yang sudah kita lakukan di setiap hari. Catatan ini selain sebagai pengingat juga akan membantu mengevaluasi kegiatan mana yang berdampak baik, serta mana yang kurang efektif yang mungkin bisa didelegasikan ke orang lain.Dulu di awal usaha, saya masih mengantar paket sendiri ke jasa pengiriman, setelah di-review ternyata kegiatan ini memakan biaya dan wkatu yang lumayan lama. Dari situ saya mulai mencari alternatif cara lain seperti titip suami pas sekalian ke kantor, atau mencari kurir yang menyediakan jasa pick up gratis.Rencana kerja juga membantu menyeimbangkan peran kita di dalam kehidupan sosial di masyarakat (ibu, istri dan mungkin karyawati) sehingga semua bisa berjalan dengan baik. Anggaran dan Belanja Produksi“Barang sering laku terjual, tapi kok tabungan pas-pas an terus?”Coba cek dan ricek lagi arus belanja dan pengeluaran kita, jangan-jangan karena ngerasa laku banyak, pos belanja kita jadi tidak terkontrol.Buat pengelompokan Biaya Rutin dan Tak Terduga. Misal biaya rutin meliputi :– Beli Kuota Internet, ATK– Perlengkapan Mengemas Barang (kardus, buble wrap, isolasiSementara Biaya tak terduga, diantaranya :– Biaya Ikut Bazar/Pameran

Demikian juga dengan kegiatan belanja produksi, sebaiknya dibuat jadwal dan list daftar barang yang harus dibeli. Tujuannya untuk mencegah stok bahan yang berlimpah. Terkadang karena pengen murah, sengaja beli kemasan besar, padahal kebutuhan produksi kita belum sebanyak itu. Ketika gak dicatat barang tadi akan cenderung kita simpan sebagai persediaan, ketika kita catat kita cenderung mencari solusi untuk menghindari kegiatan ini. Misalnya dengan cara : mencari teman untuk belanja bareng dan berbagi bahan baku. Tetap dapat harga murah namun tidak tersisa banyak pada persediaan bahan baku.

Jadi kamu tim yang mana?Bikin Rencana Kerja atau jalani aja? (kie-2023)

Aug 19

Tips Optimasi Caption Jualan biar Dibaca Orang

Pentingnya Menulis Caption Pada Postingan Toko OnlineBagi beberapa orang, menulis caption pada postingan sering terasa sulit untuk dilakukan. Tak heran bila banyak yang kemudian hanya memposting foto, tanpa menambahkan keterangan di kolom caption. Padahal tulisan pada foto, bisa menjadi nilai tambah yang membuat orang memahami maksud yang ingin kita sampaikan, dan buat para pedagang online caption bisa membantu kita jadi lebih dekat dengan pelanggan.

Ternyata ada 4 hal yang sering menjadi penyebab Kenapa Menulis Caption Sering dirasa Sulit, yakni :1. Kurang Mengenali Target Market/Pelanggan dari Toko Online kitaMengatasi hal ini, buat aja bayangan, siapa sih sosok yang kita harapkan untuk membeli produk jualan kita. Nah dengan bisa membayangkan orang-orang ini, kita jadi lebih mudah mencari topik obrolan, juga menentukan panggilan/penyebutan yang tepat untuk mereka.makanya di toko baju bayi, bikin captionnya “Gmana hari ini Bunda”sementara di Toko Perlengkapan Mobil, panggilnya “Sobat Pecinta Mobil pasti tau…”

2. Stres membayangkan Respond Orang Pada Tulisan KitaMengatasi hal ini, lebih baik kita fokus pada solusi dan manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain. Kalo orang bisa suka sama yang kita tulis, pasti seneng banget yaa… tapi harus dipahami, kita ga bisa membahagiakan semua orang. Maka daripada pusing bikin tulisan yang bisa dapet LIKE ribuan, coba fokus pada tulisan yang memberikan manfaat dan bisa membantu orang lain. Mungkin tulisan seperti ini like nya gak banyak, tapi ketika bertemu orang yang tepat, dia akan dengan sukacita membagikan tulisan kita kepada orang yang dirasa membutuhkan. Hal ini tentunya bagus sekali u pemasaran.

3. Pengetahuan Tentang Produk TerbatasCara paling cepat untuk bisa kenal sama produk kita, adalah dengan memakai produk yang kita jual yaa…Pengalaman menggunakan produk ini, akan membantu kita bercerita lebih banyak ke orang-orang tentang manfaat yang kita rasakan. Jadi tulisannya akan terasa lebih alami dan dekat di hati pembaca, karena saat menulis kita memposisikan diri sebagai calon pembeli. Selain itu kita bisa juga membagikan pengalaman dlm proses pembuatan, mulai dari mencari ide, memilih bahan baku, hingga membuat dan menyiapkan kemasan. Hal ini membantu orang merasa dekat dan mengenal produk kita lebih intim, meski hanya melihat secara online

4. Kurang Percaya DiriHarus disadari, setiap orang hadir dengan kelebihan dan kekurangan yang unik. Ga adalah yang semua aspeknya sempurna. Rasa syukur membantu kita lebih fokus sama yang kita punya, dan ini membantu banget jadi lebih percaya diri. Kita memang banyak kekurangan, tapi diantara semua yang kurang itu, ada lebih banyak yang bisa disyukuri… setelah itu coba fokus sama hal-hal baik yang kita punya, dan terus berusaha menjadi sosok yang bermanfaat dari hal tersebut

TIPS OPTIMASI CAPTION JUALAN

Cara Jitu Mengoptimasi Caption Jualan agar dibaca OrangBerikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan, untuk mengoptimalkan Caption Jualan Kita, agar bisa dibaca oleh banyak orang1. Awali dengan Judul yang Bikin Penasaran/KepoPahami bahwa saat gambar tampil di halaman instagram pelanggan kita, tulisan yang muncul cuma sedikit. Maka penting sekali untuk menentukan Kalimat Pertama yang akan tampak persis dibawah foto, untuk menarik orang Kepo dan nge-klik tulisan versi panjangnya. misalnya : Hari Ini Harga Turun! atau Perlu 6 Hari untuk Bikin 1 Bros ini! dsb2. Fokus Sama Tema Brand dan Dagangan KitaWalaupun pilihan judulnya bombastis, isi ceritanya jangan keluar dari dagangan yaa. Kadang karena pengen menarik perhatian, kita malah nulis berita paling hot dari akun gosip di Caption, sampe lupa cerita tentang dagangan. Karena sebagus-bagusnya tulisan, kita kan mau jualan hihihihiTapi hindari juga caption yang terlalu hardselling, karena walaupun kita hobi belanja, tapi kalo dipaksa beli kan gak suka ya… Jadi hindari membuat orang merasa dipaksa u membeli.3. Ajak Pelanggan Bicara, dengan Menambahkan Opini/Cerita KitaKalau selama ini caption kita jarang mendapat komen balasan, coba lihat ulang cara kita menulis di instagram, apakah sifatnya seperti Pengumuman ataukah Percakapan? Salah satu cara agar apa yang kita tulis menarik orang berkomentar adalah dengan menyampaikan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Untuk menggerakkan orang memberi respond, kita bisa akhiri juga dengan kalimat tanya, atau ajakan u membagikan pendapat mereka di kolom komentar. Topiknya juga gak harus yang berat ya, yang ringan malah kadang lebih mengena.4. Emoji = Cara Berekspresi Melalui TulisanKalau belum terbiasa menulis, kadang kita kesulitan memilih kata yang bisa menyampaikan apa yang kita rasakan. Tak jarang tulisan yang maksudnya bercanda, justru terbaca sebagai komentar sinis… karena kita tidak menambahkan dengan informasi lain seperti suara ketawa, atau celetukan yang mungkin kita rasakan). Di momen seperti ini emoji sangat membantu pembaca kita, bisa merasakan dan memahami maksud tulisan yang kita buat. Maka jangan ragu untuk menambahkan lambang senyum, atau sekedar tangan yang bersyukur, pada caption yang kita tulis.5. Perhatikan Panjang dan Jarak Tulisan pada Caption.Konsep tulisan yang bercerita memang banyak digemari pembaca, namun tidak berarti harus panjang ya. Kenyataannya dengan berubahnya algoritma IG saat ini, tulisan-tulisan panjang tidak lagi menarik perhatian orang. Untuk itu, selalu perhatikan jumlah kata yang kita tulis dalam 1 paragraf. Pilih 1 pokok pikiran dan tulis dalam kalimat yang lugas dan jelas. Spasi membantu orang untuk Fokus, maka saat menulis harga, atau nomer telfon beri jarak agar terlihat lebih jelas.6. Kenali Tujuan Tulisan Kita, lalu Tambahkan Call To Action Yang Diinginkanwalaupun IG buat jualan, tulisan di caption gak harus ditutup dengan kalimat Cara Pesan. Untuk itu penting sekali untuk mengenali tujuan tulisan kita saat menulis pada caption, diantaranya :

– Edukasi Pelanggan : Biasanya tulisannya berupa tips atau saran. KIta bisa tambahkan CTA “Kurang Jelas dan pengen tanya bisa hubungi kita……”

– Postingan Untuk Menghibur : Bisa berupa pengalaman lucu, atau cerita unik yang pernah kita dengar, pada postingan ini kita bisa minta orang untuk membagikan pengalaman mereka

TIPS : Untuk memudahkan kita bisa buat format khusus u CTA di caption.

Jangan Berhenti Belajar!Pas sudah ngerasa bisa bikin tulisan yang oke, kadang algoritma dan ketentuan Instagram suka berubah, Maka penting sekali untuk bisa cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Agar proses belajar semakin mudah, buat catatan atas kegiatan yang kita lakukan, evaluasi tulisan yang kita posting, agar bisa lebih mudah menarik kesimpulan jenis yang lebih disukai pelanggan (kie-2022)

Aug 12

Merangkai Batu Druzy Pacitan Menjadi Bros Manik Cantik

Batu Druzy, Batuan Aseli IndonesiaBila berkesempatan pergi jalan-jalan ke Kota Pacitan, Jawa Timur, coba kunjungi sisi pegunungannya. Daerah tandus yang relatif gerang ini banyak menghasilkan batuan alam yang indah. Di daerah ini ada sejumlah pengrajin druzy yang menjual hasil karyanya di kios-kios kecil, baik berupa batuan mentah ataupun produk-produk jadi yang menggunakan bahan baku Batu Druzy ini. Salah satu Toko yang menjual Aneka Batu Druzy di Pacitan dimiliki oleh Ibu Istianah alamatnya di Jl. Sunan Gunung Jati RT.03/RW.04, Bengkal, Desa.Tanjungsari, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, JawaTimur (HP/WA.08113038980)

OG Galeri Pusat oleh-oleh Aksesoris Batu Pacitan0811-3038-980https://maps.app.goo.gl/mmRjKFbsu5VqTHEk6 Salah satu Toko Yang menjual Aneka Batu Druzy di Pacitan dimiliki oleh Ibu Istianah alamatnya di Jl. Sunan Gunung Jati RT.03/RW.04, Bengkal, Desa.Tanjungsari, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, JawaTimur.HP/WA.08113038980

Bagaimana Batu Druzy terbentuk?Batu Druzy adalah jenis batu alam yang memiliki kekerasan sekitar 6-7 skala Mohs, dan memiliki kandungan silica yang mengkristal. Kondisi ini menjadikan pecahan permukaan batu druzy tampak berkilau indah saat tertimpa sinar matahari. Namun tak jarang juga, orang awam mengira batu ini sebagai batu yang pecah karena permukaannya yang tidak mulus seperti batuan alam kebanyakan. Untuk Itu penting sekali melakukan edukasi guna memperkenalkan keindahan dan keunikan batu druzy ini kepada masyarakat secara luas.

Batu Druzy Sebagai Aksesoris Bros Dalam proses memperkenalkan keindahan batu druzy kepada masyarakat, Riski Hapsari mencoba merangkai aneka batu druzy menjadi beragam bros yang indah. Prosesnya sendiri dilakukan dengan menggunakan kawat tanpa bantuan lem, sehingga rangkaian bros ini menjadi kuat dan awet untuk dipakai dalam waktu yang lama.

Beberapa Desain Bros Druzy ala Koleksikikie diantaranya :

Bros Dirangkai pada Ornamen Lempengan

2. Bros Dibungkus dengan Kawat Alumunium Tebal Ukuran 1.5mm

3. Bros Langsung Dirangkai dengan Kawat Super (Kawat Khusus yang dijual di Koleksikikie)

Selain dirangkai sebagai bros batu druzy juga banyak dimanfaatkan sebagai aksesoris wanita lain seperti kalung, gelang dan cincin. Beberapa orang juga mengkreasikan batu druzy sebagai perlengkapan dekorasi rumah. Peminatnyapun terus meningkat, tidak hanya datang dari dalam negeri, namun juga luar negeri. (kie 2022)

Jul 25

Kapan Perlu Mencari Karyawan Untuk UKM?

BEBERAPA ORANG TIDAK MAU MEMILIKI KARYAWAN

Karena memulai usaha sendirian, dan terbiasa mengerjakan semua-semua sendiri terkadang kita ngerasa bimbang untuk mencari karyawan. Gak heran kalo banyak juga lo pengusaha UKM yang berfikir : “Kayanya lebih enak kerja sendirian deh” karena masih belum bisa membayangkan bagaimana harus bekerja dengan tim untuk menjalankan usahanya. Belum lagi kenyataan bahwa menambah karyawan makan akan bertambah juga biaya operasional saat usaha dijalankan oleh lebih banyak orang. Saya sendiri butuh waktu sekitar 3 tahun sampai akhirnya memutuskan untuk mencari karyawan untuk membantu udaha saya di Toko Manik-Manik Koleksikikie.

MANFAAT PUNYA KARYAWANMeski mungkin banyak yang bimbang dan ragu, ada banyak lho manfaat memiliki bantuan lebih banyak pada pekerjaan yang kita. Berikut beberapa diantaranya :

– Keberadaan karyawan akan membantu kita lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan yg strategis, sementara kegiatan rutin harian bisa diserahkan kepada mereka.

– Karyawan juga membantu usaha kita berjalan lebih profesional dalam jam kerja yang ditentukan. sekalipun kita sedang tidak ada, mereka bisa tetap menjalankan usaha seperti biasa.

– Kehadiran Karyawan memperluas kemungkinan usaha kita bertambah besar.

– Karyawan akan membantu pelayanan kita kepada pelanggan lebih optimal sesuai jam kerja usaha.

– Memiliki Karyawan menjadikan usaha kita bermanfaat buat lebih banyak orang, karena membuka lapangan pekerjaan.

Tapi tentu saja, bersama kemudahan yang datang ada Tanggung Jawab baru yang muncul bagi pemilik usaha yang mempunyai Karyawan . Tanggung jawab yang UTAMA adalah belajar bagaimana menjadi pemimpin usaha, untuk mengarahkan kemana tim kita akan melangkah.

Ja-di.. bukan cuma karyawannya lo yang belajar!!Kita sebagai pengusaha yang baru punya karyawan juga harus belajar dan beradaptasi dengan situasi yang baru. Seringnya kita banyak berharap pada orang lain, dan terlupa u mempersiapkan diri kita sendiri agar bisa memenuhi harapan u orang lain.

Kewajiban yang muncul dengan bertambahnya karyawan Banyak !!! Tapi diantaranya yang paling utama adalah :

– Memberikan Gaji, atas jasa yang diberikan kita wajib mempersiapkan gaji yang layak bagi Karyawan. Penentuan standard gaji ini bisa kita lakukan dengan mengecek terlebih dahulu alternatif pekerjaan sejenis yang diminati oleh kelompok usia karyawan kita. Misalnya, rata-rata lulusan SMA di daerah kita bekerja sebagai penjaga toko, cek berapa gaji penjaga toko, fasilitas yang didapat, hari libur dan cuti. Sesuaikan dengan kemampuan kita

– Mengedukasi dan Memberi Pelatihan Untuk bisa mendapatkan Karyawan yang memahami bagaimana usaha kita berjalan, dan standard yang kita inginkan dalam pekerjaan, maka langkah awal yang harus dipersiapkan adalah memberikan edukasi/pemahaman tentang pekerjaan yang dilakukan. Jelaskan tugas dan tanggung jawab yang mereka lakukan setiap hari, serta berapa yanga kan mereka dapat ketika berhasil menyelesaikan dengan baik. Dari sini akan tercipta komunikasi yang baik, untuk mewujudkan tujuan yang sama.

HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM MENCARI KARYAWAN

Kenali Macam Pekerjaan yang harus kita lakukan dalam menjalankan usaha.Kadang kita merasa lelah dengan pekerjaan yang kita lakukan sebagai pemilik usaha, namun saat ditanya apa saja pekerjaan yang harus kita lakukan setiap harinya? kita bingung menjabarkan detailnya. Maka sebelum memutuskan jawaban pertanyaan sebelumnya. Cari tau terlebih dahulu apa saja tugas dan jenis pekerjaan yg kita punya saat ini. Benarkah kita butuh bantuan karyawan? Atau hanya kewalahan sesaat akibat kurang disiplin. Cari Tau Sumber Penghasilan KitaKadang kita merasa pekerjaan yang harus kita lakukan sangat banyak, tapi gak bener-bener tau seberapa besar uang yang datang dari hal yang kita kerjakan tersebut. Maka cari tau juga berapa rata2 pendapatan bulanan kita. Apakah menambah karyawan akan berpotensi meningkatkan angka ini? Sudah mampukah usaha kita membayar gaji pemilik usaha dan karyawannya. Beberapa orang, sering merasa “bisa” membayar gaji karyawan, tapi “lupa” menggaji diri sendiri. Pastikan bahwa sebagai pemilik usaha kita juga sudah mendapatkan hak yang pantas. Pahami Pos Pengeluaran yang bisa kita Hemat untuk mengefisiensikan usaha.Menghemat dan Mengefektifkan kinerja perusahaan juga bisa menekan biaya pengeluaran, misalnya ketika selama ini kita harus mengantar paket sendiri, coba cari tau apakah ada jasa pengiriman yang bisa membantu pick up pengambilan barang ke rumah, untuk bisa menghemat tenaga kita. Pelajari juga teknologi dan aplikasi yang memudahkan usaha secara online.

KARYAWAN ADALAH MITRA KITA MENUJU SUKSESPemahaman dasar tentang ini akan membantu kita bertemu dan bisa memperlakukan karyawan dengan baik. Meski secara struktur organisasi mereka berada dibawah pemilik usaha, namun harus disadari bahwa kesuksesan yang kita capai, merupakan hasil kerjasama dari semua pihak yang terlibat. Sampaikan terimakasih dan apresiasi atas pencapaian baik yang mereka lakukan, pun demikian jangan ragu untuk memberikan teguran bila dinilai membuat kesalahan agar ada usaha perbaikan.

Karyawan di Toko Manik-Manik Koleksikikie

Sama seperti mencari pasangan hidup, bertemu karyawan adalah rezeki yang tak lepas dari Kuasa Tuhan YME. Maka sangat penting untuk menyadari bahwa dalam beberapa kondisi, yang terbaik mungkin justru melepaskan Karyawan untuk Pergi. Ketika kondisi ini datang, kecewa dan sedih adalah hal yang wajar. Namun jangan berlama-lama dengan kondisi tersebut, segera susun langkah dan fokus untuk mencari solusi. Pun demikian apabila kita dikaruniai rekan kerja yang setia, loyal menemani dari masa ke masa, berusahalah u terus menjalin komunikasi yang baik. Hidup berdampingan saling menghormati tugas dan kewajiban yang kita miliki bersama (kie/2022)

Apr 11

Kawat Aluminum vs Kawat Tembaga

Dalam dunia pembuatan aksesoris dari kawat/wire jewelery, ada dua jenis kawat yang paling sering digunakan yakni :– Kawat Aluminum/Kawat Alumunium – Kawat Tembaga/Copper Wirekedua jenis kawat ini populer digunakan karena harga per-meternya relatif terjangkau dibandingkan kawat dari bahan silver atau emas. Selain itu, kawat-kawat ini juga banyak dijual di pasaran dalam berbagai varian warna, ukuran dengan merk yang beragam.

Kawat Aluminum atau sering juga disebut Kawat Alumunium

Kawat Aluminum/Kawat AlumuniumKawat aluminium memiliki tekstur yang lunak, ringan dan mudah dibentuk. Kawat ini dapat digunakan dalam banyak fungsi diantaranya : untuk membuat perhiasan/aksesoris, berbagai kerajinan juga aplikasi taman (yakni membuat bonsai). Namun karena teksturnya yang lunak ini, kawat tembaga relatif lebih rapuh, sehingga untuk pembuatan aksesoris ukuran paling kecil yang disarankan adalah 1mm (kurang dari size ini, harus hati-hati sekali dalam pengaplikasiannya karena mudah patah.

Kawat Aluminum ini memiliki varian warna yang sangat beragam, karena permukaan kawatnya dilapis oleh enamel berwarna, menjadikan kawat ini unik dan banyak digemari. Namun harus diwaspadai juga karena bagian enamel/pelapis berwarnanya sangat tipis, dan mudah mengelupas bila tergores benda tajam. Inilah mengapa dalam proses pengolahan kawat jenis ini lebih disarankan untuk langsung menggunakan tangan kosong, tujuannya untuk menghindari goresan pada permukaan kawat.

Teknik Curly yang digunakan pada pembuatan liontin ini dalam proses pembuatannya lebih banyak menggunakan tangan dibandingkan tang atau alat lainnya

Kawat Tembaga/ Copper WireKawat jenis tembaga memiliki tekstur yang lebih keras dan kokoh dibandingkan kawat jenis aluminum/alumunium namun relatif lebih lunak/empuk bila dibandingkan kawat perak. Itulah kenapa kawat ini di pasaran hadir dalam banyak varian ukuran, diantaranya : – ukuran 0.2 mm yang banyak dipakai untuk teknik rajut kawat– ukuran 03 dan 04 mm yang umum dipakai untuk wrapping dan netting– ukuran 06 dan 07 mm sering digunakan untuk membuat paku sambung pada rangkaian menggunakan bahan mutiara air tawar– ukuran 08-1mm dipakai sebagai rangka/frame untuk beragam desain aksesoris(*catatan : angka diatas sifatnya hanya berupa panduan umum, selalu cek desain aksesoris terlebih dahulu untuk memilih kawat dengan ukuran yang tepat)

Berdasarkan jenisnya, kawat bahan tembaga terbagi menjadi dua :– Bare Copper Wire/ Raw Copper, yakni Kawat tembaga tanpa lapisan pada permukaannya. Kawat jenis ini lebih mudah teroksidasi dan mengalami perubahan warna. Bahan ini umum dipakai pada pembuatan aksesoris yang menggunakan teknik metal smithing atau penempaan logam (logam dipanaskan, ketika mulai empuk/meleleh, dibentuk dengan cara dipukul-pukul dengan palu)– Enamel Copper Wire, kawat tembaga jenis ini umum ditemukan di pasaran, yakni kawat tembaga dengan cat enamel pelapis yang menyebabkan kawat hadir dalam berbagai varian warna yang cantik. Untuk mencegah permukaan kawat jenis ini tergores, disarankan untuk memakai nylon jaws plier atau tang dengan permukaan plastik yang lembut/halus. Untuk menjaga permukaan kawat mengkilap/berubah warna kita bisa memberi lapisan/coating tipis di permukaan kawat, khususnya pada sudut dalam atau bagian yang bersentuhan dengan kulit saat dipakai.

Tutorial Bros menggunakan bahan kawat tembaga, size 1mm digunakan sebagai frame, sementara size 04mm dipakai untuk merangkai manik-manik lain.

Perbedaan Kawat Alumunium dan Kawat TembagaMeskipun kedua jenis kawat ini dapat digungsikan untuk membuat aksesoris, sebaiknya pastikan terlebih dulu desain/model aksesoris yang kita akan buat. Karena setiap desain akan membutuhkan jenis kawat dan ukuran yang berbeda-beda, kita tidak dapat seketika mengubah/mengganti kawat tembaga dengan kawat alumunium berukuran yang sama. Setiap jenis kawat memiliki fungsi dan keunikan masing-masing, maka tugas kita sebagai crafter harus mampu menonjolkan kelebihan dari bahan ini, sembari tetap memperhatikan fungsinya dapat berjalan dengan optimal.

Secara sederhana, berikut diagram yang menunjukkan beberapa perbedaan yang ditemukan pada kedua jenis kawat tersebut

Perbedaan Antara Kawat ALumunium dan Tembaga ini dapat menjadi acuan kita dalam memilih jenis dan ukuran kawat yang tepat saat akan mulai mendesain aksesoris. Untuk desain yang lebih rumit, kita bisa memadukan penggunaan beberapa jenis kawat misal seperti Kawat tembaga dan kawat alumunium, kawat alumunium dan kawat staintlest, kawat tembaga dan kawat staintlest. Intinya jangan takut mencoba untuk bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas yang kita miliki (kikie-2022)

kalung tenun baduy

Apr 01

Kalung Tenun Baduy – Koleksikikie

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, salah satu yang sangat indah dan terkenal hingga ke mancanegara adalah kerajinan kain/wastra-nya. Kerajinan kain ini sendiri terbagi jenisnya dari cara pengolahan kain yang dilakukan, yakni : – kerajinan kain batik, menghias kain dengan titik malam hingga membentuk pola yang cantik– kerajinan kain tenun, memintal benang aneka warna dan menyatukan jalinannya hingga menjadi lembaran kain– kerajinan ikat/celup, yakni mengikat selembar kain dalam pola tertentu untuk kemudian dicelup kedalam cairan pewarna, pola ikatan ini akan membentuk motif kain yang indah. Hampuir setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan jenis kain yang berbeda-beda, diantaranya : Kain Batik hadir dalam beragam motif dan ciri warna di kepulauan jawa, Sasirangan dari Banjarmasin, Sarung Bugis, Lurik Yogya, Songket Palembang dsb.

KAIN TENUN BADUY, SEBUAH BUDAYA TURUN-TEMURUNSuku Baduy, di wilayah Lebak – Banten, merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kain tenun yang sangat indah. Namun karena kepercayaan mereka, yang tidak mau didokumentasikan, suku ini termasuk salah satu yang mengisolasi diri dari dunia luar. Sehari-hari perempuan Suku Baduy mengisi waktu luang mereka dengan menenun benang menjadi selembar kain. Kain ini tidak hanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang mereka, namun juga merupakan salah satu tradisi budaya yang dijaga secara turun temurun untuk mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran. Kain Tenun Baduy tidak hanya indah namun juga menyimpan makna yang erat hubungannya dengan tradisi dan kepercayaan masyarakat Suku Baduy.

DIOLAH SECARA TRADISIONAL, KAIN TENUN BADUY BERNILAI JUTAANUntuk menghasilkan selembar Kain Tenun Baduy, proses yang dibutuhkan cukup lama. Hal ini dikarenakan pembuatan kain tenun ini masih dilakukan secara tradisional menggunakan alat yang kerap disebut masyarakat sekitar sebagai raraga. Kain Tenun Baduy sendiri hanya boleh dibuat oleh kaum perempuan. Motif kain tenun baduy didominasi bentuk geometris seperti garis, segitiga, segiempat ataupun bulatan hal ini mewakili kesederhanaan dan sifat apa adanya. Selembar besar kain tenun sekitar 1.5-2meter biasanya dihargai mulai 750ribu sd jutaan rupiah. Limbah potongan kain tenun inilah yang kemudian diolah koleksikikie sebagai kalung, agar dapat bermanfaat dan bisa bernilai secara ekonomis.

Beberapa Model Kalung Tenun Baduy Yang Dibuat KoleksikikieDiolah dari perca potongan kain tenun baduy, kalung-kalung cantik ini hadir untuk melengkapi penampilan perempuan Indonesia. Kesan Etnik terasa sangat kuat, dengan tambahan ornamen berupa tassel dan koin kuno. Untuk manik-maniknya dipilih rangkaian manik kaca tradisonal buatan Indonesia.

Aneka kalung tenun cantik ini tidak selalu tersedia, karena hanya dibuat satu untuk setiap desain. Untuk pemesanan, dapat mengunjungi Toko Kami di Surabaya Koleksikikie (bisa dicek juga di google map)Jl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,Surabaya, Jawa Timur, IndonesiaBuka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kamiTELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

(kikie-2022)

bros kerang koleksikikie

Apr 01

Memanfaatkan Limbah Kulit Kerang untuk Membuat Bros Cantik Koleksikikie

Bros, merupakan salah satu aksesoris yang banyak digemari oleh kaum wanita, khususnya mereka yang menggunakan hijab dalam kesehariannya. Salah satu yang unik dan menarik adalah kreasi bros yang memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan baku, berikut beberapa diantaranya :

Bros Kerang MabeSalah satu jenis kerang yang paling populer digunakan oleh pengrajin akesoris adalah kerang mabe. Kerang ini cukup unik, karena membentuk butir mutiara setengah bulat (umumnya kerang mutiara membentuk butiran mutiara bulat utuh).Kerang Mabe banyak dibudidayakan di perairan Indonesia, khususnya di Pulau Baubau, Sulawesi Tenggara. Untuk bisa diambil manfaatnya, biasanya kerang mabe dipelihara sekitar 3-4 bulan, setelah cukup besar baru dipanen untuk diambil bagian cangkang kerangnya. Kemudian oleh pengrajin kerang, bagian cangkang ini diolah/dibentuk agar dapat dikreasikan menjadi bahan aksesoris.

Bros Kerang ArcuArcu merupakan bagian kerang/tiram mutiara, yang oleh para pengrajin dioleh bentuknya menjadi cabochon, agar dapat menjadi bahan baku untuk pembuatan beragam jenis aksesoris. Pengolahan bagian kerang ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan kerang, permukaan kerang yang tergores akan menyebabkan harga jualnya akan jauh berkurang.

Kerang Arcu Silver, salah satu jenis yang paling indah dan jarang ditemukan di pasaran.

Bros Kerang AbalonKerang Abalon merupakan salah satu jenis kerang yang diburu karena memiliki daging yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, bagian dalam kerang abalon memiliki warna yang indah seperti pelangi, diantaranya yang paling sering dijumpai adalah perpaduan biru elektrik, hijau, abu-abu, dan merah muda. Tak heran bila limbah kulit kerang jenis ini sangat banyak dimanfaatkan sebagai manik-manik.

Kerang abalon memiliki tektur permukaan yang tidak rata dengan gradasi warna yang cantik seperti tumpahan minyak.

Bros Kerang GonggongKerang Gonggong merupakan kuliner khas Kota Batam, biasanya kerang jenis ini direbus dan dimakan panas bersama sambal. Karena penggemar makanan ini cukup banyak, tak heran bila limbah kulitnya sangat banyak dijumpai. Saat diaplikasikan sebagai kerajinan, kulit kerang gongong ini biasanya dipotong, hingga tekstur bagian dalam kerangnya terlihat.

Bros Dari Manik Kulit KerangKulit kerang yang diolah menjadi manik-manik juga ada banyak sekali macam dan jenisnya di pasaran. Kulit kerang yang sudah diolah menjadi manik-manik relatif lebih mudah dirangkai, karena sudah melalui proses pengolahan (dibersihkan dari kotoran dan daging kerang, dibentuk sesuai kebutuhan, beberapa dilapisi oleh pewarna dan motif yang menarik sesuai selera). Karena dijual sebagai manik-manik untuk kerajinan, bahan kulit kerang ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan lubang untuk dirangkai sebagai aksesoris. Diantaranya yang paling banyak dijual, adalah jenis manik kelopak kerang.

Banyaknya limbah kulit kerang yang tersedia merupakan peluang untuk dapat dikreasikan menjadi beragam kerajinan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis (kie.2022)

Aneka bros cantik, yang dikreasikan dari bahan kulit kerang ini bisa didapatkan di Galeri Toko Manik-Manik Koleksikikie, yang terdapat di Surabaya (bisa langsung cek di google map)KoleksikikieJl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,Surabaya, Jawa Timur, IndonesiaBuka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kamiTELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

Jan 19

Tips Membuat Caption di Instagram

Kenapa membuat caption sering terasa sulit?ternyata alasan utama terjadinya hal ini dikarenakan kita masih belum bisa membayangkan siapa yang sedang kita ajak bicara. Jadi sama sekali bukan karena kita gak bisa nulis, Semua bisa Menulis!!! hanya saja kadang kita gak tau harus nulis apa..

Ketika kita bisa membayangkan sosok yang akan kita ajak bicarakita akan lebih mudah menentukan :

gaya bicara (mau resmi, santai, akrab, sopan) panggilan (gaes, sobat, gan, jeng…) topik obrolan (ngomongin layangan putus sama ibu2 akan lebih pas dibanding membahas tema NFT atau kriptocurency)

Maka saat akan menulis, bayangkan aja kita sedang akan mengajak orang berbincang-bincanglalu tuangkan kalimat obrolan kita dalam tulisan. Cara lain yang bisa membantu, kita bisa rekam percakapan di benak kita itu, untuk kemudian di ketik ulang di caption.

Nah Cuma ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga ketika menulis caption yaBERIKUT HAL YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH DIPOSTING DI AKUN DAGANGAN :

Orang suka Story Telling, namun jangan terlalu panjang bertele-tele, karena akan membosankan. Buat 1 pokok pikiran dalam satu paragraf. Gunakan kalimat2 pendek agar mudah diingat. Yang terlalu panjang dan gak rapi biasanya bikin mata mudah sakit saat membaca. Hindari Membahas Topik SARA di akun dagangan, kalo bisa angkat topik yang tidak berpihak lah, yang umum2 aja Hindari Bicara Negatrif tentang kompetitor apalagi pelanggan, sekesel apapun kita ? karena ga ada yang abadi ya, teman yang nyebelin pun suatu saat bisa jadi pelanggan… maka kalo dia nyebelin tahaaan…. Tutup dengan Kalimat Call To Actionajak mereka ngasih komen, nangepi, atau pesan..tapi di variasikan yaa jangan sama terus nanti orang bosan Perhatikan Jam Postingan, catat kapan postingan kita mendatangkan respond yang tinggi… kapan sepi Tambahkan Hastag yang relevan dengan isi postingan 11-15 buahterlalu banyak bisa berisiko kena shadow banned, disamping juga akan tampak mengganggu dan gak cantik.

TULIS HARGA ATAU TIDAK TULIS HARGA?sebelum memutuskan sebaiknya kenali tujuan dan kendala yang kita miliki

kalau kita cukup punya banyak energi untuk berbalas pesan, lebih baik harga tidak dicantumkan.tapi setiap ada orang yang nanya harga, jangan langsung dijawab.Sapa dulu, perkenalkan diri kita, tanya siapa namanya, tinggal di kota mana, save datanya di contact hape!!jadi kalo pun misal dia gak jadi beli, kapan2 bisa kita tawari lagi produk kita yang lainnya.

Namun saat kita sudah kepayahan ngurusidagangan, mulai dari belanja bahan, proses produksi, dan suka stres kalo ada yang chat panjang, buat nanya2 aja tapi gak ada kepastian beli. TULIS HARGA DI BAWAH FOTO!!kenapa? karena yang menghubungi kita adalah orang yang sudah memiliki kemampuan beli sesuai harga yang tercantum di foto tadi, sehingga angka gagal bayar lebih rendah dibanding mereka yang masih baru akan nanya2 harga dari produk yang kita posting.

Jadi mau pasang harga atau gak pasang harga keduanya merupakan pilihan ya, dan bisa diterapkan, disesuaikan saja dengan kondisi kita masing-masing.

Berbagai Tips lain bisa ditemukan di kelas jualan online bareng kikie

Jan 12

Mengelompokkan Produk, Meningkatkan Penjualan

Bayangkan ketika kita pergi ke Supermaket, dan menemukan barang yang dijual, tidak diletakkan tanpa sistem pengelompokan yang tepat. Sabun dijadikan satu dengan minyak goreng dan mie instant karena namanya dimulai sama-sama dengan alfabeth A … duh kebayang yaa gimana mumetnya. Mungkin malah keluar dari sana ga jadi beli apa-apa.

Demikian juga saat toko online kita, memajang barang tidak dengan sebuat sistem pengelompokkan yang tepat, bisa dipastikan angka penjualan akan berjalan lebih lambat. Karena tak jarang orang membatalkan pesanannya ketika dia merasa :– ongkir terlalu mahal untuk membeli 1 barang yang diinginkanseandainya ada barang yang sejenis, dalam warna atau ukuran beda, bisa dibeli sekalianmungkin calon pembeli ini justru akan langsung melakukan pembayaran. Karena mereka merasa, ongkirnya dibebankan untuk banyak produk sekaligus.– barangnya lucu, namun pembeli menginginkan produk dengan harga lebih murahkita bisa langsung saja marah, katrena menganggap calon pembeli ini tidak serius, atau langkah lainnya adalah menawarkan produk sejenis namun dari bahan baku berbeda yang lebih terjangkau harganya. Ketika kita tidak pernah membuat sistem pengelompokkan barang, dan mengenali inventaris kita, sangat susah untuk melakukan cross selling, atau menawarkan barang lain.– ketika sudah suka satu jenis barang, orang cenderung mengoleksi yang serupamaka ketika kita sudha bisa mengenali kesukaan dari pelanggan kita, akan mudah sekali mengajak mereka membeli produk serupa/mirip-mirip dengan yang biasa dibeli.

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu