Home PageBisnis Aksesoris5 Cara Mempertahankan Bisnis Online di Era Perubahan

Jan 18

5 Cara Mempertahankan Bisnis Online di Era Perubahan

Tadi pagi saya membaca tulisan yang dibuat oleh Bapak Pambudi Sunarsihanto, beliau adalah Direktur Human Capital Citibank Indonesia. Laki-laki yang dijuluki sebagai Guru Kepemimpinan para Bankers ini memang terkenal dengan tulisan dan pemikirannya yang inspiratif. Salah satunya yang menurut saya sangat menginspirasi adalah tulisan beliau yang berjudul “ARE YOU READY FOR THE FUTURE ???”
Sebuah Tulisan yang membantu kita untuk mempersiapkan diri Mempertahankan Bisnis di era perubahan.

Pambudi Sunarsihanto
SIAPKAH KITA MENGHADAPI MASA DEPAN?
Wah ini pertanyaan yang dalem banget ya, apalagi karena hampir semua dari kita mengetahui gak ada yang pasti didalam hidup ini.
Perubahan menjadi sesuatu yang terus terjadi, sebagai konsekuensi dari sifat dasar manusia yang ingin terus menjadi lebih baik.
Dan bagi sebagian orang, perubahan di masa depan menjadi sesuatu yang menakutkan.
Bahkan ada pepatah yang bilang : “Membangun bisnis itu sulit, tapi mempertahankan bisnis jauh lebih sulit”

1. INOVASI SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI PERUBAHAN

Jam Tangan Garmin
Dalam artikel yang ditulis oleh Bapak Pambudi, dicontohkan tentang Garmin. Perusahaan yang awalnya memproduksi mesin GPS untuk dipasang di mobil biar gak kesasar ini, menjadi kehilangan pelanggannya ketika semua smartphone sudah melengkapi diri dengan fasilitas peta online. Fasilitas ini memudahkan setiap pengguna smartphone mencari jalan, menggantikan fungsi navigasi dari mesin-mesin yang diciptakan GARMIN sebelumnya. Trus apakah Garmin bankrut dengan adanya perubahan ini?

Diakui bahwa penjualan Garmin sempat menurun, tapi Alhamdulillahnya sih nasib GARMIN gak seperti Nokia (disaat orang tidak menggunakan telephone untuk komunikasi dengan voice (suara) lg, atau Blackberry pada saat orang tidak messaging menggunakan BBM lagi, atau Kodak saat foto tidak harus memakai film lagi.
Karena ketika penggunanya tidak lagi membutuhkan GARMIN sebagai mesin navigasi pencari arah. Perusahaan ini dengan tanggap dan cermat segera mengganti fokus bisnisnya dengan berinovasi di produk fitness dan kesehatan.

GARMIN menciptakan jam tangan yang tidak hanya mampu memberi informasi tentang waktu, namun juga informasi mengenai navigasi arah sesuai keahliannya selama ini. Dan tidak hanya itu saja, jam tangan GARMIN segera menjadi favorit para olahragawan sebab mampu menyajikan berbagai informasi tambahan seperti : berapa kalori yang terbakar, jumlah langkah yang sudah kita lakukan, detak jantung kita sebelum dan selama olahraga. Dilengkapi dengan tampilan desain yang mewah, kaca anti gores serta mesin tahan air, jam ini menjadi aksesoris yang hits. Yah istilahnya kalo lari pake jam tangan Garmin, rasanya keren bangetttt cyin …
Maka tak heran bila setelah inovasi yang dilakukannya ini, Angka penjualan GARMIN pun meroket kembali.

2. ADAPTASI, MENYESUAIKAN DIRI DENGAN KEMAJUAN ZAMAN

Waktu memulai Koleksikikie di 10 tahun lalu, cara jualan bros dari arisan ke arisan kayanya udah oke banget lho.
Setelah internet semakin canggih, kebutuhan untuk memiliki bisnis online menjadi sesuatu yang mendesak.
Sekarang bawa barang saat ada pertemuan sih masih teteuppp yaa… tapi kalo yang dicari gak ada, maka solusi berikutnya ya “Eh lihat aja warna barang lainnya di instagramku ini yaa, nanti bisa aku kirim pake gojek gelangnya”

Harus diakui bahwa kemajuan teknologi informasi dalam 10 tahun ini, mewajibkan saya untuk melengkapi diri dengan perangkat elektronik yang menunjang gaya perdagangan modern di masa sekarang.
Ibaratnya ya, dulu punya telpon kabel di rumah udah cukuplah, yang penting kan bisa dihubungi sama tetangga.
Sekarang biar jualan onlinenya lancar, kalo cari telfon lebih baik yang smartphone ya, yang gampang dibawa, yang ada internetnya, yang hemat baterenya, yang RAMnya banyak biar kalo browsing internet cepet. (yang panjang syarat-syaratnya huehehehehe…)

3. BELAJAR MENGEMBANGKAN BISNIS DAN DIRI SENDIRI
Dan tentu saja proses adaptasi membutuhkan semangat belajar yang tinggi yaaa, sifat pantang menyerah juga keberanian untuk mengubah diri.

Karena benda-benda canggih, yang diciptakan untuk mempermudah hidup kita aja, harus dipelajari dulu supaya bisa digunakan secara optimal.
Kalo yang make gak smart kaya smartphone nya,  biarpun punya handhone seri paling canggih ya cuma bisa buat  kirim-terima whatsapp aja, (hihihihi…. itu saya banget pas punya smartphone pertama kaliiiii)
“Yah habis belum belajar caranya pake aplikasi kan ya, daripada salah trus kehapus data-data penting, mending gak usah aja”
(Heuehehe…halesan)

Tapi coba perhatikan sifat polos anak-anak kita, yang begitu lihat gadget baru, apakah handphone, tablet atau gadget permainan. Mereka biasnaya langsung pijet pijet sembarang, eh tau-tau sudah bisa main game yang entahlah apa nama game-nya. Saat kelirupun mereka gak takut buat nyoba lagi. Sebab kalo gak dicoba ya memang gak akan pernah bisa juga sih ya… heueheuehe….

Dari sifat anak-anak ini saya akhirnya memberanikan diri untuk nyobain semua aplikasi yang ada di hape saya, update info teknologi tentang aplikasi baru, dan memilih yang paling cocok untuk kebutuhan yang saya perlukan. Jadi kalo misalnya sekarang ngerasa gaptek, itu bagus banget sahabat…. yang gak bagus itu sudah tau gaptek, gak ada rencana buat belajar biar gak gaptek #eeeaaaaa

mempertahankan-bisnis

4. MEMBUKA POLA PIKIR DIRI 
Dulu bikin bros cakep dengan bahan berkualitas, menurut saya udah paling bener lah. Kalo bahannya bagus, kualitas bagus, pasti orang beli. Sekarang bersama pesatnya pertumbuhan bisnis online, produk cakep harus dilengkapi juga dengan foto yang cakep.
Karena saat kita tidak bisa memvisualisasikan produk kita dengan baik kepada para pelanggan online kita, sangat sulit untuk meyakinkan mereka membeli produk yang kita jual.

Akhirnya kalo dulu, saya yang tukang bros merasa cuma harus fokus mengembangkan skill dan teknik membuat aksesoris.
Sekarang hal itu menjadi tidak cukup lagi. Saya yang sekarang harus juga belajar tentang bagaimana membuat foto produk yang menarik. Kalau awalnya saya memilih kamera pocket yang lebih mudah cara pengoperasiannya, sebagai media membuat gambar. Setelah cukup memahami ilmu dasarnya, saya beralih ke kamera DSLR yang walaupun pengoprasiannya lebih rumit, bisa menghadirkan kualitas foto dan warna yang lebih mirip dengan aslinya.
Dan walaupun sudah tau sedikit ilmu fotografi dasar setelah ganti kamera jadi harus belajar lagi juga sihh hihihihihi…..

5. MENJALIN HUBUNGAN DAN MEMPERLUAS RELASI
Ketika bisnis online yang kita kelola semakin maju, biasanya akan semakin sedikit juga waktu luang yang kita punya untuk mengerjakan hal lainnya. Apalagi kalau skala usahanya masih rumahan ya, semua dikerjakan sendirian. yang bikin kita, yang upload kita juga, yang packing barang pas ada yang beli ya kita lagi, yang ngirim paket ke jasa pengiriman barang pun kita hihihihihi….

Walaupun fokus dengan bisnis itu penting, namun fokus juga bukan berarti kita mengabaikan faktor “manusia” yang terkait di dalam pengembangan bisnis ini. Sekali dua kali coba luangkan waktu untuk berkumpul dengan komunitas pengusaha di kota kita, ikut seminar atau kelas pengembangan diri, bergabung di asosiasi atau kelompok craft, atau datang ke bazar dan pameran tempat berkumpulnya teman-teman yang memiliki kesamaan minat.

workshop-28

Kegiatan-kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk menjalin hubungan, yang akan membawa banyak dampak positif bagi bisnis dan diri kita pribadi. Diantaranya :
– Kesempatan memperkenalkan diri untuk mewakili produk dan bisnis kita
“Oh ini ya mbak Kikie yang punya koleksikikie, biasanya saya cuma baca status facebooknya aja mbak, dan gambar FBnya dagangan semua yaa …” #eeeaaaaa kok semacam curcol yaa… hihihihi
– Kesempatan belajar dari rekan bisnis yang sudah lebih berpengalaman
Kadang kita punya kendala dalam menjalankan usaha, tapi bingung mau sharing sama siapa. Dengan berjumpa teman yang punya bisnis sama, kita bisa saling cerita, saling menguatkan, saling berbagi solusi. Karena kita sama-sama pelaku usaha biasanya sifat saran yang diberikan juga saran yang mudah dipraktekkan
– Menemukan Peluang untuk Percepatan Kemajuan Bisnis
Kalau hubungan secara personal sudah terjalin, biasanya jauh lebih mudah yaa kalo ada urusan, habis udah kenal sih. Terjalinnya hubungan personal yang baik akan memudahkan kita mendapat peluang “Eh mbak bisa ngajar bikin bros ya, ngajar donk di kantorku mbak” Padahal yang bisa ngasih kelas membuat aksesoris banyak, tapi bukan rahasia juga kalau orang akan lebih memilih profil yang lebih pas dengan hatinya. Kalo kita sudah kenal akan jadi lebih mudah untuk sreg di hati, karena seperti pepatah bilang ” Tak Kenal maka Tak Sayang” ciyeehhh….

BERSIAP DIRI MENYAMBUT PERUBAHAN

Jadi hayuk sahabat, kita persiapkan diri menghadapi perubahan. Dalam artikelnya Pambudi Sunarsihanto menyampaikan bahwa hal yang menarik dan akan terus saya ingat, Bahwa di jaman sekarang ini bukan manusia yang paling kuat yang paling sukses, bukan manusia yang paling cakep yang paling sukses, dan bahkan bukan yang paling pintar yang sukses (makanya juara juara 1 di sekolah kita dulu sering kali bukan menjadi yang paling sukses dalam kehidupan). Tapi yang paling sukses adalah mereka yang paling mampu bertahan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

mempertahankan-bisnis-online

Dalam tulisannya “ARE YOU READY FOR THE FUTURE ???” Pambudi Sunarsihanto, juga menuliskan beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan, ini dia beberapa diantaranya :

1. CONTINUE TO PERFORM AT WHAT YOU DO !!!
Tetap fokus pada apa yang anda lakukan and always perform and contribute at the maxinum level.
2. READ, WATCH, OBSERVE, LEARN
Selalu mengamati apa yang terjadi di dunia luar sana.
Lihat TV, dengerin Radio, browse Internet, baca buku, koran dan majalah.
3. UNDERSTAND THE CHANGE THAT IS HAPPENING !!!
Perhatikan pattern perubahan yang sedang terjadi.
Apa yang sedang berubah pada…
– pola pikir manusia
– perilaku konsumen
– bisnis
– regulasi
– politik
– trend demographic
– trend urbanisasi
– trend digital
4. LEARN SOMETHING NEW, INCREASE YOUR DIFFERENTIATORS !!!
Anda sudah punya beberapa differentator yang mengantarkan anda ke karier anda sekarang.
Pelajari competency baru, skills baru, dapatkan knowledge baru, sertifikasi profesi yang baru, pelajari bahasa asing lain.
Semuanya akan menambah differentiator anda untuk menambah kesiapan anda di masa depan.
5. BE HUMBLE, KEEP AN OPEN MIND AND ALWAYS WANT TO LEARN !!!
Terakhir … kita harus mengerti …
we dont know what we dont know.
Lets be humble and open mind.
Mari kita belajar, dari siapa saja…
– dari boss kita
– dari customer kita
– dari peer kita
– dari supplier kita
– dari anak buah kita
– dari pegawai yang baru join di perusahaan kita
Kadang kadang anak baru yang masih muda ternyata membawa perspektif baru dan membuat kita belajar dari sudut yang lain.
Let’s be humble and keep an open mind.
Selamat mencoba dan semoga kita lebih siap untuk masa depan.

STAY HUNGRY AND STAY FOOLISH

Tetap semangaaatttt Sahabat (kie)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by