Home Pageceloteh kikieKoleksikikie, Berpartisipasi Dalam Penelitian Dosen UPN

Jul 03

Koleksikikie, Berpartisipasi Dalam Penelitian Dosen UPN

Koleksikikie, Terlibat dalam Proyek Penelitian Dosen UPN
Tadi siang, saya hadir memenuhi undangan Mbak Aulia @aulia_wimbouw u ikutan ngobrol2 seru bersama para Ibu Pejuang Bisnis Rumahan di Kayanna Restaurant @kayanarestaurant ada istilah kerennya lho Focus Group Discussion hihihi…

Jadi ceritanya Mbak Aulia (atau yang di kampus lebih beken dnegan nama Ibu Aulia Rahmawati yg masih muda tapi udah S3 ajah) adalah Dosen FISIP Jurusan komunikasi di UPN sedang membuat Penelitian ttg Perilaku Masyarakat Perkotaan, khususnya para ibu yang memutuskan menjalankan usaha di rumah, yah kaya kita-kita ginilah prend hihihi… .

Nah di acara FGD ini akan menjadi referensi materi untuk Proyek Penelitian yang rencananya akan dilakukan secara berkala setiap tahunnya, untuk melihat perkembangan yang terjadi di Masyarakat.

Aulia Rachmawati, Dr., S.Sos.M.Si

Wanita Pejuang Bisnis Rumahan 
Di Lokasi ketemuan, saya betemu dengan beberapa teman seperjuangan, para mama-mama tangguh pejuang bisnis rumahan, diantaranya ada :
– mbak Fiona juragan segala Rendang dan Dendeng khas Padang @fiona_sego_padang_jingglang juga
– mbak Tanti pemilik @happymommys yang jago masak sekaligus mempersiapkan acara, party organizer gitu yaa… mulai dari acara ulangtahun, tunangan, sampai upacara tedak sinten atau turun tanah u bayi yang baru lahir
– dan yang terakhir ada mbak Dian Jatu ownernya @diazkitchen yang punya tangan terampil bangett bikin aneka cake lucuuuu-lucuuu

mama-mama pejuang bisnis rumahan

FGD = Ngobrol dan Diskusi Seru
Awalnya pas denger judul FGD, saya tuh ngebayangin diskusi panel gitu lho prend … eh ternyata formatnya malah ngobrol seru semi Cyurhat… Tentu saja cerita dibuka dengan sejarah bagaimana kami berempat bisa terjun bebas berbisnis di rumah seperti sekarang, dan ternyata yah Gaes.. Kita semua tuh sama-sama pernah kerja di Kantoran gitu…

Kalau sekarang ada yang maish kerja di Kantor tapi juga sambil mulai bisnis kecil-kecilan di sela waktu luang yang ada mungkin sekali waktu sempet galau kepikiran pengen resign ya… ada yang pada akhirnya memutuskan keluar kerja lebih cepat, ada yang masih bertahan kerja di kantoran sambil muter otak supaya bisa tetep jualan.

Dari ngobrol sejarah ini akhirnya kita sepakat mengambil kesimpulan bahwa apapun yang kita pilih, gak ada yg salah sama jalan hidup kita itu prend. Yah pernah kepikiran juga kalau ngeliat anak-anak yang lebih muda sekarang sudah punya usaha sendiri, “Harusnya memulai bisnisnya lebih awal nih.. Biar sekarang bisa lebih besar” Tapi harus diakui, ternyata pengalaman kita bekerja di kantor sebelum menjalankan bisnis sendiri ini, justru bikin kita lebih kuat ngadepin naik turun lika liku ngejalan usaha sendiri. Ibaratnya kalo dulu gak kerja ikut orang, mungkin usahanya gak bertahan ampe hari ini 😅

Mbak Tanti saat sharing pengalamannya sebagai HR Manager Perusahaan Nasional sekaligus Tukang Kue Handal

Jadi yah buat men temen yg sekarang masih galau, apakah harus resign atau teteup kerja.. Jalani aja prend, ini semua proses, karena akan tiba hari dimana hati dan tekad membulat hihihi.. .

Dukungan Keluarga Menjadikan Perempuan Berani Berkarya

Itu baru hasil diskusi bagian “Sejarah” lho ya belum menginjak alasan kenapa akhirnya milih berbisnis sendiri hingga sekarang. Tema yang menurut saya juga seru adalah tentang Peranan keluarga khususnya suami dalam mendukung bisnis yang dijalankan oleh para perempuan ini. Karena sehebat apapun kita menjalankan bisnis, sangat gak mungkin ya prend kalau itu dijalankan semata-mata karena kita sendirian, apalagi kalau rumah tangga sudah dikaruniai anak-anak yang membutuhkan perhatian orangtua dalam proses tumbuh kembangnya. Saat para Mama sibuk dnegan orderan, peranan Suami sebagai ayah dari anak-anak sangat dibutuhkan demi kelangsungan usaha. Dan kita berempat sepakat bahwa usaha kami bisa bertahan hingga saat ini ya karena dukungan dari keluarga.

selain keluarga, sahabat seperjuangan juga sangat berperan dalam kemajuan usaha para perempuan

Yang seru juga … selain suami, ternyata anak-anak kami sedikit banyak juga terlibat lho dalam proses bisnis. Putra Mbak Tanti yang sering lihat mamanya jualan, langsung dengan sigap nawarin kue bekal sekolah untuk dipesan teman-teman hihihihi… sementara anak Mbak Jatu yang masih duduk di bangku SD sudah bisa melipat kotak kue sekaligus mengisinya mengikuti petunjuk dari mama. Mbak Fiona sendiri, saat ini menjalankan bisnis masakan padang karena sejak SD dulu sudah terbiasa membantu Almarhumah Ibu-nya jaga di Restaurant Padang milik keluarga, pengalaman ini yang akhirnya membuat mbak Fiona memutuskan keluar dari Perusahaan tempatnya bekerja meskipun saat itu posisinya sudah lumayan banget….

Kalau sekarang ada di antara teman-teman yang sudah memiliki karier lumayan di kantor, trus pengen putar haluan dengan berbisnis sendiri di rumah menurut kami yang terpenting adalah ceritakan dulu niatan baik ini ke keluarga, sebelum menyusun rencana ke depan. Karena kadang beberapa keinginan harus terwujud lebih lama, karena adanya kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi. Tapi apapun yang saat ini masih jadi kendala, kalau ada dukungan dari keluarga, insyaallah dimudahkan dan bisa jadi berkah yaaa

Penelitian Tahunan 
Gimana-gimana jadi penasaran kan sama hasil penelitian Ibu Dosen kita hihhihi… Untuk melihat bagaimana dampak dan perubahan yang terjadi di masyarakat dengan tumbuhnya fenomena Ibu Bekerja Di rumah, rencananya penelitian ini akan dilakukan secara berkala dengan melibatkan lebih banyak responden wanita bekerja di rumah. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan gambaran yang paling mendekati kenyataan…

Terimakasih banyak Ibu Dosen mbak Aulia, juga Mbak Ade asistennya, buat kesempatan yg sudah diberikan ke kita-kita. Terus terang dipilihnya tema ini dalam sebuah penelitian di Kampus menjadi Kebanggan tersendiri buat kami para ibu, bahwa ternyata langkah kecil yg kami lakukan dr rumah ini bisa membawa perubahan pada kelompok masyarakat yg lebih besar, dan semoga sih dampaknya posiitiiiif yaaa 😘😘❤❤

foto bersama Mbak Dosen Aulia dan teman-teman seperjuangan

Jadi yukkk ah ibu-ibu kita bekerja darii rumaaah , bikin perubahan positif untuk dunia yang lebih baik bagi putra putri kita… semangaaattt (kie)

Leave a Reply