Home Pageceloteh kikieCara Mendaftar Masuk SMP Negeri di Kota Surabaya

Jul 06

Cara Mendaftar Masuk SMP Negeri di Kota Surabaya

LULUS-SD

LULUS SD
Tahun ini, asisten pribadi sekaligus admin sosial media koleksikikie lulus dari SD, hihihihi… Yup akhirnya Dimas yang dulu balita itu akan masuk SMP gaess…. Rencananya kami akan mencoba untuk mendaftarkan diri masuk dalam sistem pendidikan sekolah negeri, setelah 9 tahun sebelumnya (dari TK sampe lulus SD) mengenyam pendidikan di Sekolah Swasta.

dimas-ikhsandio

Kenapa Memilih Sekolah Negeri?
Kalau sudah lama sekolah di Sekolah Swasta, biasanya ini akan jadi pertanyaan yang dilontarkan oleh teman-teman saat tau kita memilih hal yang berbeda dengan mereka. Umumnya orangtua yang sudah menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta akan memilih untuk meneruskan di sekolah swasta lagi.

Menurut saya pribadi, setiap sekolah adalah tempat yang baik untuk anak-anak bertumbuh, khususnya dalam proses mereka belajar menimba ilmu. Namun kembali lagi, setiap keluarga memiliki nilai-nilai sendiri, yang akan mendorong mereka dalam membuat keputusan. Ada yang mengutamakan kualitas pendidikan akademis, ada yang lebih fokus pada muatan pendidikan agama u bekal spiritual anak kita, ada juga yang menjadikan alasan biaya, serta lokasi sekolah sebagai komponen penting untuk memutuskan lanjut ke sekolah mana.

Kami sendiri akhirnya sepakat untuk mencoba masuk ke sekolah negeri untuk menemukan lebih banyak pengalaman baru dan teman-teman baru. Namun tidak jarang beberapa orang justru menghindari hal ini karena khawatir dengan beragamnya kelompok orang yang ditemui, yang bisa menyebabkan anak-anak tumbuh dengan pengaruh lingkungan yang kurang bisa dikontrol. (di beberapa kelompok muncul stereotype kalau anak-anak dari sekolah negeri cenderung lebih kasar, suka misuh dan yah macem2 deh hehehee)

Hal lain yang juga menjadi pertimbangan memilih bersekolah di SMP Negeri karena di Kota Surabaya pendidikan SMP Negeri nyaris tanpa biaya, (SPPnya GRATIS, yah paling siapin uang saku sama kaya beli seragam dan buku kali ya…) Itulah yang akhirnya menyebabkan masuk sekolah negeri sangat ketat persaingannya, alias sulit pake banget hihihihi….

Persiapan Dimas Masuk ke SMP Negeri
Terus terang kita gak punya kenalan, atau sosok yang menginspirasi kita buat sekolah di SMP Negeri. Jadi ya nanya-nanyanya kemana-mana dan siapa saja yang punya informasi hahaha…

Tapi kesimpulan pertama yang kita dapatkan adalah, untuk persiapan masuk ke SMP Negeri, teman-teman Dimas umumnya mengikuti kelas pelatihan intensif sejak duduk di bangku kelas 5 SD, dan karena kita baru taunya pas sudah beberapa bulan masuk di kelas 6 SD ya udah deh kita lumayan sulit nemu BIMBEL yang mau nerima pendaftaran hahaha… (lha rata-rata sudah booking tempat setahun sebelumnya gitu)

Kenapa Harus Ikut BIMBEL?

  • Supaya belajarnya lebih terarah, di BIMBEl yang sudah berpengalaman melatih siswa mengikuti ujian nasional mereka sudah tau apa saja yang harus dipersiapkan anak-anak dari bulan ke bulan hingga jadwal ujian tiba. Termasuk strategi jawab cepat, dan mengira-ngira pilihan yang benar (jadi kalo misalnya gak tau jawaban yang benar ya jangan ngitung kancing lah, sambil di logika dikit mana yang agak mirip hihihihi)
  • Melatih anak menghadapi situasi ujian, di sekolah Dimas dulu ujian kenaikan kelas menggunakan sistem essay dan presentasi projek persemester, sementara ujian nasional menggunakan pilihan berganda. Nah kalau gak biasa ya, u mindahin jawaban dari kertas soal ke lembar jawaban aja bisa keliru lho..  harusnya jawaban soal 15 yang disilang kotak lembar jawaban nomer 14.. hihihihihi True Story loh yaa
  • Memperkenalkan Dimas dengan teman-teman baru untuk mendapat gambaran bersekolah di SMP Negeri. Di BIMBEl anak-anak akan bertemu peserta dari sekolah-sekolah lain, ini akan menjadi situasi awal mereka berlatih u beradaptasi dan hal baru yang berbeda dari sekolahnya saat SD.

Nah yang harus disiapkan kalau kita memutuskan ikut bimbel adalah:
1. Biaya, saya baru tau kalo u ikut BIMBEL setahun biayanya harus dibayar lunas di depan hahaha… saya kira semua les bayarnya bulanan gitu jadi ya agak Shock juga.
2. Jadwal les, kalau anak-anak sekolah sampai sore pastikan jadwal les nya gak bentrok dengan jadwal sekolah dan anak-anak siap serta mau menerima jadwal belajar tambahan kalo gak baru sebulan les anak-anak udah bolos hiksss
3. Jarak Lokasi BIMBEL, biasanya orang memilih BIMBEL yang dekat dengan target SMP tujuan. Saya pribadi memilih lokasi BIMBEL yang paling dekat dengan rumah, sehingga Dimas bisa berangkat dan pulang les sendiri naik sepeda. Ini juga sekaligus dalam rangka melatih anak lebih mandiri.

Peningkatan Nilai Setelah Ikut BIMBEL
Di tahun pelajaran 2017-2018 ini mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional Tingkat SMP meliputi 3 hal

– Bahasa Indonesia,
Kebetulan sehari-hari Dimas suka membaca tapi seringnya bahasa inggris, jadi cukup sulit juga ngejar ketertinggalan nilai, biasnaya karena kurang teliti. Suatu hari Dimas bilang tulisan kalau terlalu panjang sering terlihat lompat… akhirnya kita periksa ke dokter mata, eh baru deh ketahuan kalau ternyata selama ini Dimas selinder 5. Saya kira karena kebanyakan liat hape atau layar komputer lho… ternyata kata dokter kondisi ini bawaan lahir, huhuhuhu… untungnya kok ketahuan yaa

– Matematika
Di sekolah alam umumnya anak-anak dikenalkan dengan konsep kenapa kok segitiga sudutnya selalu sama mskipun bentuknya beda, menghitung jarak dan berat. Nah dalam ujian nasional anak-anak diminta bisa menemukan cara penyelesaian soal yang tepat dalam waktu tertentu. Jadi kesulitannya pas baca soal diawal-awal gak tau gitu donk harus pake rumus yang mana u menyelesaikannya. Jadi kalau udah dikasih contoh satu soal, DImas bisa ngerjain, tapi karena dalam satu lembar soal itu gaya pertanyaannya beda2 diawal ikut Try out nilai kita cuma 15 ajah huahahahhaa…. (tentu saja maksimum nilainya 100 ya)

foto-005
– Ilmu Pengetahuan Alam
Science kebetulan sudah jadi pelajaran favorit dimas sejak kelas 1 SD, setiap tahun Dimas berhasil masuk babak Semi Final di Olimpiade Science Kuark. Selain itu saat kelas 4 SD dia juga mewakili sekolahnya sebagai salah satu FINALIS lomba Pangeran Lingkungan Hidup Tingkat Kita Surabaya. Jadi sejak try out pertama nilai IPA-nya langsung tinggi… nah cuma ini juga bahaya ternyata ya, karena ngerasa sudah bisa dia kadang jadi males gitu untuk berlatih soal-soal IPA, akibatnya grafik Try Out IPA Dimas selama setahun paling naik turun dibanding dua mata pelajaran lain yang relatif naik secara bertahap

Di Akhir Ujian Nasional inilah Nilai yang berhasil didapatkan Dimas

nilai Dimas

Sekolah Jalur Kawasan dan Jalur Negeri
Kalau ingat perjuangan yang dia tempuh selama setahun terakhir kemarin, (Dimas setiap hari pulang sekolah jam 16.30, habis magrib langsung sepedaan ke tempat les dan baru sampe rumah lagi setengah 9 malem) terus terang ikut bangga melihat pencapaian yang diraih saat ujian nasional kemarin. Tapi ternyata nilai ini masih belum cukup untuk dipakai mendaftarkan diri di Jalur SMP Kawasan (SMP yang dipilih oleh pemerintah kota sebagai SMP Percontohan, hanya ada 2-3 sekolah saja di setiap kawasan)

DAFTAR SMP KAWASAN di Surabaya

DAFTAR SMP Negeri Kawasan di Surabaya

Untuk bisa mandaftarkan diri di SMP Kawasan siswa harus :
– memiliki nilai rata-rata minimum 255
– tidak ada mata pelajaran yang nilainya dibawah 75
setelah memenuhi syarat ini, siswa diwajibkan mengikuti Test Potensi Akademik pada hari yang ditentukan. Nantinya angka kelulusan ditentukan dengan komposisi 50% nilai ujian nasional dan 50% nilai TPA. Jadi biarpun Nilai Ujian Nasionalnya bagus belum tentu bisa masuk SMP Kawasan juga lhoo…

Daftar Online di SMP Negeri 23
Begitu tau bahwa nilai kita tidak memenuhi syarat untuk daftar masuk ke SMP Negeri Kawasan, kita langsung putar strategi, dan daftar masuk SMP Negeri melalui jalur Reguler. Setelah survey sekolah (mendatangi setiap SMP Negeri yang ada di dekat rumah dan ngobrol2 sama para staf dan gurunya) pilihan jatuh pada SMPN 23 yang lokasinya paling dekat dengan rumah, biar kalo berangkat dan pulang bisa sambil sepedaan.

Duluuu… bayangan saya yang masih awam dan gak berpengalaman, kalo daftarnya di jalur reguler pasti lebih gampang nih keterimanya… kan anak dengan nilai tinggi sudah pada masuk ke sekolah kawasan. Dan ternyata saya salah donk yakk… wkwkwkw… ternyata beberapa sekolah reguler justru jadi favorit di mata calon pendaftar dan sangat diminati (biasanya karena alasan bangunan sekolahnya, reputasi guru dan kepala sekolah, angka keberhasilannya meluluskan siswa masuk ke SMA Negeri Favorit, pilihan ekskul, serta prestasi yang berhasil diperoleh sekolahan)

Walhasil kita yang cuma milih pake alasan deket dan baru tau kalo ternyata SMPnya itu favorit langsung deg-deg an juga saat melihat pergeseran nilai pendaftaran yang dilakukan secara online.

CARA MELIHAT PERINGKAT NILAI YANG DITERIMA DI SMP NEGERI

melihat peringkat terakhir

Buat teman-teman yang belum pernah mendaftarkan anaknya masuk ke SMP Negeri, ternyata sekarang semuanya bisa diakses secara online melalui situs https://ppdbsurabaya.net/ Biasanya situs ini aktif di masa penerimaan siswa saja.
Nah halaman yang harus kita cermati adalah halaman posisi peringkat akhir, disini kita bisa mengamati secara langsung siapa saja yang mendaftar, berapa nilainya, dari sekolah mana, sekaligus juga pergeseran angka yang terjadi.

Di SMP Negeri 23 sendiri angka tertinggi yang diterima adalah 293 sementara angka terendahnya di 251.3. Dari total 286 anak, dimas ada di urutan 263… alias halaman ke 14 dari total 15 halaman. Walaupun deg-deg an, saya melihat ini adalah hal yangs angat positif bahwa ternyata temen-temennya dimas sekolah nanti pada pinter2 bangetsss yak …

DAFTAR ULANG SMP NEGERI
Setelah mendapatkan pengumuman diterima, lakukan download bukti penerimaan dari situs ppdb. Lalu datang ke sekolahan dengan membawa beberapa hal berikut ini :
– Bukti diterimanya anak kita di SMP tersebut
– KK aseli, beserta 2 lembar fotokopi
– Akta Kelahiran asli, beserta 2 lembar fotokopi
– Lembar Nilai Ujian (yang ada foto anaknya) asli, beserta 2 lembar fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah (dengan tanda tangan kepala sekolah dan stempel asli sekolahan)
Bawa semuanya lengkap ke SMP dimana putra putri kita diterima, datang beserta anak dengan seragam SD lengkap bersepatu. Pengantar juga wajib mengenakan pakaian yang rapi.

Nanti di sekolahan, kita akan diminta mengisi lembar data tentang calon pendaftar, menyerahkan persyaratan yang diminta, melakukan pembayaran kelengkapan sekolah dan seragam. Seragam yang diterima masih berupa 4 stel kain yang harus dijahit (total biaya senilai Rp 1.550.000) kemudian kita akan dapet bukti diterima di SMP Negeri.

Tapi gak berhenti distu aja sih prend… kita masih harus mengurus surat keterangan sehat di PUSKESMAS, untuk dibawa saat pertemuan orangtua, juga materai senilai Rp 6000 rupiah (kemungkinan untuk tanda tangan perjanjian bahwa orangtua bersedia untuk mendukung pendidikan ananda di sekolah dan menaati segala tata tertib dan peraturan di sekolahan)

Selamat Berjuang di Tingkat Pendidikan SMP anak-anak
Tulisan ini sengaja saya tulis, agar bisa membantu para ibu yang kurang pengalaman kaya saya kemarin hahaha… untuk bisa mempersiapkan putra putrinya dalam menempuh pendidikan lanjutan. Karena sejatinya persiapan yang matang lah yang akan membawa kita pada hasil terbaik yang bisa kita capai…

Namun sebagai catatan juga, hendaknya jangan terpaku pada sumber informasi ini saja, selalu aktif dan giat mencari tau, tanya ke teman yang sudah pengalaman, guru di sekolahan serta SMP Tujuan karena biasanya setiap tahun sering terjadi perubahan peraturan dan perbedaan standard di kota dan waktu yang berbeda. Semoga tulisan ini membantu yaaaa…. (kie)

SISWA-SMP

Tags:

Leave a Reply