Home PageBisnis Aksesoris5 Kiat PeDe Berbisnis dari Rumah

Jul 26

5 Kiat PeDe Berbisnis dari Rumah

“Dulu, Saya pun Gak Pede”
Waktu pertama kali bikin bros buat dijual, saya juga sempet gak PeDe lhooo prend… Hahaha,¬†berbagai pikiran berkecamuk di dalam kepala, misalnya kaya :
“Bakalan ada yang beli gak yaa?”
“Orang nanti suka gak ya?”
“Ada yg mau pake bros buatan saya gak yaa?”
Dan aneka macam pemikiran galau bin ajaib lainnya ūüėĚ
Setelah sering ngobrol dan cerita2 dengan teman-teman pengusaha lain (yang bahkan beberapa diantaranya telah sukses menjalankan usaha lintas negara) ternyata perasaan gak percaya diri ini, pernah dialami oleh hampir semua dari kita… artinya, kalau sekarang kamu ngerasa gitu juga… kamu gak sendirian koooo….

Kenapa Rasa Kurang percaya Diri Muncul?
Banyak hal yang mendasari munculnya keraguan pada diri sendiri, diantaranya :

– Kurang Pengalaman
biasanya karena baru pertama kali, dan sebelumnya gak pernah berbisnis sendiri. Kita ngerasa takut akan munculnya banyak kemungkinan saat bisnis mulai dijalankan.
Padahal kadang ketakutan-ketakutan ini belum tentu terjadi lhoo… jadi ya kenapa gak dikerjakan aja dulu, ntar kalo ada masalah ya diselesaikan sambil jalan hihihihi…

– Terlalu Tinggi Memasang Harapan
Berharap dan punya cita-cita tentu saja hal yang bagus ya, cuma kadang eh seringnya sih kalau terlalu waooow… kita bisa jadi depresi sendiri, akhirnya belum mulai pun sudah cemassss… ngerasa gak akan bisa, gak bakalan mampu…
Berita baiknya, semua pencapaian besar dalam hidup seseorang terjadi setelah dia membuat pencapaian2 kecil, yang dilakukan terus menerus setiap hari. Karena sesungguhnya semua hal butuh proses, dan dengan konsistensi serta keyakinan gak ada hal yang gak bisa kita taklukkan lho prend..

– Tanpa Bekal Ilmu & Ketrampilan
Biasanya kondisi yang ini terjadi, kalau kita bikin bisnisnya ikut-ikutan. Gak pernah belajar dulu, gak meluangkan waktu buat ngumpulin informasi dari kanan kiri, ya sejujurnya aja sangat wajar kalo di kondisi ini kita jadi gak Pede yaa…
Tapi sebenernya ya prend, yang namanya belajar itu gak harus selalu dari bangku kuliah, ikut seminar, atau bergabung di lembaga kursus. Dengerin cerita orang yang sudah terlebih dulu sukses, atau mengamati hal-hal yang dilakukan oleh orang lain dalam menjalankan usahanya, sebenernya juga salah stau proses belajar yang akan membantu kita lebih percaya diri untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri untuk Mulai Berbisnis dari Rumah?
Dari hasil berbagi pengalaman dan ngobrol dengan sesama teman pejuang bisnis rumahan, ternyata ini dia beberapa sharing mereka saat menghadapi rasa gak percaya diri

1. Ber-Gaul dengan Teman-Teman Yang Sudah Berbisnis 
Hampir semua sepakat, cara ini paling membantu untuk menghindarkan rasa risau dan galau akibat kurang percaya diri saat akan memulai bisnis. Dari mereka yang sudah terjun duluan dalam usaha rumahan kita bisa mendapatkan cerita, baik pengalaman maupun tips bisnis, perasaan menemukan teman seperjuangan akan sangat membantu kita lebih Pede, karena menyadari bahwa kita tidak berjuang sendirian.

dari sesama teman seperjuangan, kita bisa saling belajar.

Kuncinya : Jangan sungkan dan gengsi untuk bertanya, kosongkan kepala untuk menerima saran dan masukan dari teman-teman. Biasanya sesama perempuan kita akan cenderung saling menguatkan dan nyemangati satu dengan yang lainya.

2. Belajar Kapan pun Dimana pun 
Pengalaman dan Ilmu akan membantu kita lebih tenang dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis. Akan sangat bagus sekali kalau kita bisa rutin mengikuti kelas untuk menambah keahlian dibidang wirausaha. Misalnya mengikuti kelas pelatihan digital yang diadakan oleh Google-WomenWill.

peserta kelas google-womenwill di Kota Surabaya

Kelas ini di tujukan khusus untuk wanita pengusaha, dan diselenggarakan serempak di berbagai kota besar di Indonesia. Buat temen-temen yang di Surabaya bisa ikutan di

Cleo Hotel Jemursari
Jl. Raya Jemur Sari No.157, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur 60239
(031) 8483000
https://goo.gl/maps/DxjNYbY3y6k

Cara Daftarnya cukup dengan mengisi format di bawah ini
Nama :
No. WA :
Email :
Asal : (jika ada mengikuti komunitas dan organisasi silahkan sebutkan, atau bisa juga ditulis sahabat koleksikikie)
Nama & Jenis Usaha : (sebutkan jika sudah memiliki usaha dan jika belum silahkan isi belum)

Lalu Kirim/WA format tersebut ke Intan 0815-5809-1336
atau langsung klik link http://bit.ly/waWW27juli

Kalau misalnya gak sempet ikutan kelas, bisa juga lho belajar melalui aplikasi Google Primer yang menyajikan berbagai hands-out materi tentang tips bisnis

aplikasi google primer membantu kita belajar banyak hal dari handphone kita

3. Luangkan Waktu untuk Ber-Istirahat dari Rutinitas
Kalau lagi mulai bisnis dan mencurahkan semua tenaga serta pikiran buat mikirin bisnis kadang solusinya malah gak ketemu lho hihihihi *pengalaman pribadi

Ketika sudah ada niatan berbisnis dari rumah, ada baiknya untuk mulai membuat jam kerja yang lebih rapi. Kapan waktunya bisnis, kapan waktu gak boleh mikirin bisnis… dan melakukan hal-hal lain yang bikin happy. Karena kadang setelah mengambil jarak dengan pekerjaan kita akan ngerasa lebih semangat dan membantu percaya diri tumbuh.

Liburan bersama sahabat, bisa menjadi kegiatan manfaat penambah semangat

4. Buat Catatan Kegiatan Bisnis yang Kita Lakukan
Walaupun terkesan merepotkan, catatan akan sangat membantu kita untuk melihat apa saja yang sudah kita lakukan dalam menjalankan usaha, termasuk diantaranya cara  kita mengatasi masalah yang timbul. Kalau menulis di buku terlalu sulit, kita bisa memposting nya di facebook dalam mode privat (untuk kita baca sendiri) tulisan-tulisan ini akan secara otomatis muncul di tanggal yang sama sebagai pengingat kita akan kejadian yang lampau.

Sebaiknya tulis juga pencapaian dan hal-hal baik yang sudah kita lakukan, seperti ekspresi bahagia pelanggan saat mengenakan produk yang kita jual, atau testimoni kepuasaan mereka atas pelayanan yang kita berikan. Mengingat pelanggan yang bahagia atas kehadiran kita, akan sangat membantu meningkatkan rasa  percaya diri ketika menghadapi masa-masa sulit, karena kalau kita menyerah pasti pelanggan ini akan kehilangan kita.

5. Selalu Berusaha u meLakukan yang Terbaik
Konon perasaan menyesal selalu hadir ketika seseorang tidak mengerahkan segenap kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Dan rasa sesal ini umumnya akan membuat kita merasa minder, tidak pantas, dan jadi lebih gampang menyerah.

Trus gimana donk supaya apa yang kita lakukan lebih terarah?
Coba buat sukses-sukses kecil yang akan membantu kita lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan bisnis. Bikin target2 sederhana, dan selalu berusaha mengerahkan segenap kemampuan terbaik untuk menyelesaikannya. Niscaya cara ini akan membantu kita lebih optimis dan percaya diri dalam memulai usaha di rumah.

Terimakasih Sahabat Koleksikikie
Kalau ada yg sangat berjasa bagi tumbuh berkembangnya   koleksikikie hingga hari ini, mereka adalah para pelanggan pertama koleksikikie
– teman-teman yg tetep beli dagangan saya, meskipun kemasannya waktu itu cuma kertas coklat yang dilipet2 gak jelas.
– juga para sahabat yang pas mau make brosnya menatap dengan pandangan bingung sambil bilang “eh ini arah brosnya gmana sih kie, yg atas sama bawah yg sebelah mana..” Huahaha… saking ajaibnya desain bros yg dibuat kala itu
– juga tentu saja semua orang yg saat mesen barang bilang, “terserah deh modelnya apa yg penting lu buatin aja kie..”¬† kemungkinan besar ya karena waktu itu yg mesen juga bingung sama apa yang saya jual huahahhaa…..

Masa-masa itu mungkin udah terlewati belasan tahun silam, tapi tetap meninggalkan rasa hangat di hati setiap kali dikenang..
Tanpa mereka yang percaya sama saya, rasanya pasti sangat sulit untuk menumbuhkan percaya diri bahwa saya bisa menjalankan bisnis rumahan ini. Maka bila ingin membantu teman yang memulai bisnis, mulailah dengan membeli satu dua barang yang dijual mereka dan tak lupa memberikan saran serta masukan yang bisa membantu mereka berkembang (kie).

Leave a Reply