Home PageBisnis Aksesoris10 Tips Menulis Caption di Instagram

Jul 27

10 Tips Menulis Caption di Instagram

INSTAGRAM, SOSIAL MEDIA BERGAMBAR
Sudah bukan rahasia, bahwa Instagram adalah sosial media yang kuat dengan konten gambar. Intinya, kalau mau banyak dapet like, banyak yang follow, apalagi viral maka kualitas gambar yang menarik menjadi syarat utama agar postingan kita menarik perhatian orang. Gambar yang diposting haruslah menarik, unik dan bermakna.

Tapi setelah semakin banyak handphone dengan kualitas bagus bermunculan, gambar berkualitas kini menjadi milik semua orang. Istilahnya gak harus nyewa fotografer dulu buat bikin foto OOTD, cukup pake hape dan diedit di aplikasi, kita sudah bisa bikin foto ngeblurr yang gak kalah keren dengan saat dijepret menggunakan kamera DSLR.

contoh postingan bergambar dari halaman Instagram @katalogkoleksikikie

OPTIMASI AKUN INSTAGRAM DENGAN CAPTION YANG TEPAT

Apa Itu Caption?
Caption adalah istilah yang ditujukan pada keterangan yang terletak dibawah gambar. 

Umumnya, orang yang menggunakan Instagram lebih menyukai keterangan yang ditulis secara singkat. Itulah kenapa para pengguna instagram di awal tahun 2012 biasanya hanya menuliskan quotes, atau keterangan pendek tentang isi gambar sebagai caption.

Namun trend yang terjadi di Tahun 2018 ini bergerak,  tulisan panjang yang memiliki kekuatan bercerita semakin digemari. Tulisan jenis ini umumnya mampu menumbuhkan engagement yang kuat dengan follower. Para follower merasa mengenal dan akhirnya lebih mengingat orang yang di follow setelah membaca tulisan mereka ini

Lalu kita harus bagaimana?
Sebelum memutuskan akan menulis apa pada postingan kita di Instargram, sebaiknya kenali terlebih dahulu bagaimana kita bersosial media

– Cari Tau Tujuan kita bersosial media Apa sih yang kita inginkan dari kegiatan bersosial media ini? apakah untuk berinteraksi dengan keluarga dan kawan-kawan lama yang jarang ditemui? atau untuk branding diri yang secara lebih spesifik bisa mendatangkan nilai ekonomi. Tujuan yang berbeda akan mendatangkan pilihan yang beda.
– Kenali Orang yang ingin Kita Ajak BerInteraksi, Siapa sih sebenernya orang yang kita harapkan menjadi follower di sosial media kita? Banyak Follower memang sepintas akan membuat akun kita terlihat keren, tapi sebenernya tujuan utama dari sosial media bukan sekedar punya follower yang banyak, tapi juga berkualitas. Punya banyak teman yang gak jelas hanya akan membuat kita kebingungan sedang berinteraksi dengan siapa.

 Dua hal ini akan menjadi pondasi dasar yang membantu kita saat akan menulis caption. Karena kita tau tujuan tulisan tersebut untuk apa, dan bisa membayangkan orang yang bagaimana yang kita ajak bicara.

10 Tips Menulis Caption Di Instagram
1. Kalimat Pembuka Yang Menarik
Karena saat muncul di halaman browser tulisan yang muncul sangat terbatas, buat kalimat pembuka yang menarik orang untuk meng-KLIK gambar.

2. Perhatikan Tata Letak Tulisan
Walau terkesan mudah, menulis caption seringkali menjadi rumit karena tidak adanya peran spasi. Sehingga tak jarang kita menemui tulisan yang panjang dan terkesan tidak rapi.
Sebaiknya Caption panjang ditulis terlebih dahulu pada halaman words, email, atau notes, kemudian di copy paste ke instagram. Sebaiknya satu paragraf memuat satu hal yang ingin diceritakan, lalu untuk point penting yang ingin lbh mudah dilihat orang, tulislah dnegan Huruf Kapital.

3. Akhiri dengan Kalimat Yang Mengajak Orang Ber-Interaksi
Kalau kita ingin menciptakan konten yang menarik orang untuk berinteraksi, kita bisa menyertakan kalimat tanya atau perintah, seperti berikut ini :
“Kalau kamu lebih suka yang mana?”
“Semoga semua yang membaca tulisan ini senantiasa sehat dan sukses yaa, ayo ketik amieen donk prend”
Tapi ada juga orang yang menghindari kolom komennya ditulisi orang lain, dan lebih memilih untuk mengarahkan mereka menghubungi platform komunikasi yang lain seperti :
“add LINE kita yaa untuk tanya-tanya”
“Pemesanan dan Informasi lain bisa dilakukan via WA 087.88.222.7080”

4. Tambahkan Hastag untuk Memudahkan Pencarian
Setiap sosial media memiliki cara yang berbeda untuk melibatkan orang dalam interaksi. Di Instagram pencarian dilakukan bisa dengan mengacu pada nama pemilik akun langsung, atau melalui “#” Hastag = Tanda Pagar.

Untuk itu sangat penting menambahkan hastag pada postingan yang kita lakukan di instagram, agar apa yang kita posting lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Kita bisa menggunakan hastag kata-kata yang menggambarkan konten yang sedang kita posting, atau bisa juga menambahkan tagar khusus untuk tujuan pengelompokan gambar yang tersistem.

5. Gunakan Gaya Bahasa yang sesuai dengan Target Market Kita
Beberapa orang memposting produk dagangannya dengan bahasa inggris agar terlihat keren, padahal produk yang dijual ditujukan bagi konsumen Indonesia, pada kelompok yang tidak terbiasa menggunakan bahasa asing.

Postingan jenis ini mungkin saja mendapatkan jumlah LIKE yang banyak, namun belum tentu yang me-LIKE fotonya akan membeli dagangannya, sebab target market utama yang diharapkan membeli, kurang memahami maksud dan tulisan yang ditambahkan pada foto. Nah kalo sudah gini jadi repot juga kan yaa… agar lebih ter-arah, pastikan di awal tujuan kita bersosial media.

6. Sesuaikan Foto yang diunggah dengan Caption yang ditulis 
Gambarnya Cewe Seksi di pantai, keterangan yang ditulis tentang pentingnya mencuci tangan sebelum makan. Zonk banget yak hehehe..
Sayangnya, orang yang menggemari foto wanita seksi biasanya tidak memiliki interest tentang pilihan topik pada keterangan tadi.

Namun beberapa konten creator handal, menggunakan cara yang kelihatannya tidak singkron ini, untuk menciptakan konten viral.
Seperti posting cewe seksi, keterangannya tentang spareparts komputer terbaru, kelihatannya sih kaya gak nyambung, tapi sebenarnya penggemar spareparts komputer sebagian besar juga orang yang menyukai gambar tadi. Namun yang perlu diperhatikan penggunaan cara ini membutuhkan ketrampilan, riset dan penelitian yang dalam, sehingga kalau kita tidak memiliki bekal informasi tersebut sebaiknya jangan coba-coba meniru cara ini ya, karena salah-salah follower malah jadi syebel sama kita hehehehe…

7. Gunakan Emoji untuk menampilkan Tulisan yang Menarik
Penggunaan emoji yang tepat bisa menggantikan kata bahkan kalimat yang panjang. Sehingga menciptakan caption yang lebih bermakna dan secara visual juga akan membuat postingan kita tampak lebih menarik.

8. Tambahkan keterangan Location pada foto
Saat memposting foto, kita bisa menambahkan lokasi yang memudahkan orang untuk mengetahui dimana foto diambil.

Manfaat lain, saat postingan ditujukan untuk perdagangan, calon customer cenderung lebih mudah memutuskan melakukan pembelian ketika tau lokasi penjual (mereka bis amembayangkan ongkos kirim yang akan ditagihkan)

9. Cek dulu sebelum mem-Posting
Sebelum memposting tulisan dan gambar ke akun instagram, pastikan bahwa tidak ada pengetikan yang salah, atau tanda baca yang hilang. Karena Typo berpotensi menimbulkan kalimat bermakna ganda yang dapat merugikan kita, misal:

“Mbak Kikir.. kasih diskon donk kalo beli ini” padahal maksudnya mau nulis “Mbak Kikie… kasih diskon donk kalo beli ini”
cuma salah satu huruf tapi bisa bikin rencana ngasih diskon hilang setelah dipanggil kikir hihihiihi….

10. SHARE Postingan di Instagram ke Sosial Media lain
Postingan di Instagram bisa di SHARE ke berbagai sosial media yang lain, seperti twitter, facebook atau Tumblr. Fitur ini memudahkan kita meng-update beberapa sosial media sekaligus

Semoga tulisan ini membantu kita ber-sosialmedia ya prend

Leave a Reply