Home Pagebros manik-manikRujak Manis Semeru, Malang

Apr 02

Rujak Manis Semeru, Malang

rujak-manis-semeru

Rujak Manis Semeru, Rujak Jumbo di Kota Malang
Hari minggu kemarin, saat mampir ke Kota Malang, saya menyempatkan diri buat mencari “Rujak Manis Semeru” Namanya dipilih karena lokasi tempat depot rujak manis ini berdiri ada di kawasan jalan Semeru, seputar Ijen Malang. Untuk menemukannya dengan mudah, kita bisa menggunakan bantuan google map, cukup masukkan kata kunci Rujak Manis, nantinya akan muncul pilihan Rujak Manis Semeru, lengkap dnegan foto dan petunjuk arah menuju ke lokasi.

alamat-rujak-manis-semeru-malang

Apa itu Rujak Manis?
Rujak manis adalah rujak yang terdiri dari buah-buahan segar dengan siraman saus kacang dan gula merah. Bagi yang suka pedas, kita bisa menambahkan sambel (sesuai level pedas yang kita suka) pada adonan kuah rujaknya. Yang menarik, di Rujak Manis Semeru ini ada tambahan bumbu petis bagi yang suka (bumbu petis bisa dibeli bersama tahu goreng asin).

buah-segar-untuk-rujakSehingga tekstur tampilannya lebih seperti salad buah yang segar.

Hal ini jauh berbeda dengan saudaranya si rujak cingur, yang biasanya hadir dalam perpaduan buah dan sayur (yang sudah diolah/direbus matang) yang kemudian disiram dengan saus kacang dengan bumbu petis. Sebagai keunikan pada rujak cingur ditambahkan daging cingur (bagian lunak pada hidung sapi) yang punya tekstur kenyal, dan lembut saat dikunyah. Rasanya cenderung gurih segar saat dimakan.

Yang Unik dari Rujak Manis Semeru
Awalnya Saya datang mencari Rujak Manis ini atas rekomendasi seorang teman yang sudah lebih dulu datang kesana. Tapi sebenernya apa saja ya hal unik yang bikin rujak manis ini sampai diingat orang dan bahkan dipromosikan oleh orang-orang tersebut…

– Sedikit Menu, Memperkuat Branding
Bila dilihat dari pilihan menunya, Rujak Manis Semeru menawarkan pilihan ragam makanan yang relatif sederhana, disini hanya ada Rujak manis, Tahu petis dan Es degan.

Pastinya akan ada orang yang bilang “Ah masa jualannya cuma itu aja” tapi sisi lain yang menguntungkan yang gak disangka orang “Kalau lagi di Malang dan nyari rujak manis, langsung deh orang Malang ingetnya rujak semeru”, lha habis yang dijual emang rujak manis aja hehehehe…

Kalau sekarang kita lagi galau mau bisnis aksesoris, dan bingung bikin apa, Saya kira apa yang dilakukan oleh Rujak Manis Semeru bisa kita jadikan inspirasi. Pilih aja satu aksesoris untuk kita buat, lalu bikin aja aksesoris itu terusss menerus dengan beragam varian desain tapi jenis aksesoris yang sama. Belajar dari rujak Semeru, cara ini akan membantu orang untuk mengingat kita…

menu-rujak-manis

– Pilih salah satu, lalu pelajari terus menerus agar menjadi ahli
Walaupun hanya menawarkan menu utama berupa rujak manis, Rujak Semeru benar-benar tau apa yang dia jual. Mulai dari pilihan buahnya tempat ini menyajikan buah untuk rujak dalam kondisi terbaik (buat dirujak) misalnya Belimbing yang sudah matang kekuningan, sehingga saat digigit terasa manis berair, trus buah Melon dan Pepaya yang masih mengkal (tidak benar2 matang, sehingga saat digigit berbunyi krius krius) lalu Mangga Muda yang kecut khas rujak manis. Detail-detail kecil ini diperhatikan dengan baik, teknik memotong nanasnya pun diperhatikan agar batang nanas tidak ikut tersaji di piring pembeli. Favorit saya adalah tahu goreng asin yang disajikan dalam bentuk potongan di piring rujak.

Harga satu porsi yang Rp 20.000 menjadi tidak terasa mahal ketika melihat jumlah saus yang disajikan, buanyaaakkk polll… meskipun buah yang dipotong hadir dalam ukuran yang besar2. Keliatannya sih kaya pemborosan ya, tapi saat saya amati, para pembeli yang sudah kehabisan buah, jadi membeli ekstra tahu goreng ataupun kerupuk agar saus tidak terbuang percuma… jadi kebayang donk ya trik memberikan saus banyak ini berhasil mendatangkan terjadinya transaksi tambahan bagi Rujak Manis Semeru.

Dalam perdagangan aksesoris, kita juga bisa menambahkan packaging yang bagus lengkap dengan petunjuk cara pemakaian aksesoris. Dari info tentang mix and match aksesoris ini, orang yang awalnya hanya membeli gelang, bukan tidak mungkin akan tergerak untuk membeli kalung yang serasi setelah membaca tips cara memakai aksesoris yang awalnya hanya kita tambahkan sebagai keterangan.

– Pelayanan yang Sigap

pelayanan-yang-sigap-dan-cepat

Terus terang motong buah ini cukup tricky yaa…. biarpun keliatan cuma buah, kalo gak biasa… kita bisa lamaaaa banget nungguinnya wkwkwkw… Nah disini buah yang akan disajikan sebagai rujak sudah dipotong sebagian jadi kita tinggal nunggu buah dipotong untuk disajikan ke dalam piring (trus pisau yang dipakai juga super tajam yeee keliatannya, sheinga pas motong cepet gitu lhoh).

Trus untuk saus kacang dan gula merah juga sudah dikemas, sehingga untuk pembeli yang datang dan ingin membungkus bawa pulang gak harus nunggu lama… sudah ada petugas khusus di bagian motong buah, mbungkus buah potongan bersama saus, petugas es degan… sehingga gak harus lama meskipun yang beli antri banyak…

Dalam sistem penjualan aksesoris, kita bisa mengadaptasi cara ini. Petugas dibidang produksi bisa diarahkan untuk fokus dalam pembuatan aksesoris, sementara yang bertugas di tim admin penjualan, fokus mempelajari tentang penjualan produk… bagaimana mengemasnya, seperti apa cara menawarkan produknya… Lalu saat kita memajang foto di sosial media, akan lebih baik apabila foto sudah dikelompokkan berdasarkan formula tertentu sehingga mudah ditemukan. Misal kalau produk di pajang diinstagram kita bisa tambahkan hastag #broskoleksikikie untuk melihat semua produkbros atau hastag #promokoleksikikie untuk hanya melihat produk yang sedang ditawarkan dalam harga promo. Cara ini akan memudahkan pembeli untuk menemukan produk yang mereka inginkan, atau membandingkan dengan produk serupa. Bahkan bukan tidak mungkin dengan sistem yang lebih terorganisir, oranga kan cenderung membeli lebih banyak dari yang direncanakan.

– promosi yang kekinian

instagram-rujak-manis

Dari banner yang terpajang di pintu depan, saya melihat bagaimana rujak manis ini sudah dipasarkan secara kekinian. Ada akun sosial media untuk iklannya lhoo… Walaupun mungkin susah dipaketkan, tapi akun sosial media ini membantu promosi rujak manis semeru. Bayangkan aja, saya yang jauh-jauh dari Surabaya pun jadi penasaran pengen dateng nyobain setelah diceritakan oleh teman. Dengan adanya tambahan gambar produk pastinya hasrat mampir jadi semakin kuat setelah ditambahkan dnegan  visual gambar rujak yang menggiurkan hehehehe…

Jadi kalau bisnis aksesoris kita sekarang ini masih berskala rumahan, dengan stok yang masih bisa dihitung jari, gak ada salahnya lho untuk tetap memasarkannya secara online… posting foto produk dilengkapi cerita mulai dari proses pemilihan bahan, serunya bikin, bentuk packaging yang kita tawarkan, serta cara penggunaan aksesoris. Walaupun mungkin lokasi kita dan calon pembeli jauh, namun dnegan bantuan promosi yang kekinian, akan memudahkan kita untuk bisa menjangkau pelanggan yang jauh itu. Dan berita baiknya tentu saja karena produk aksesoris kita relatif lebih aman dipaketkan dengan jasa pengiriman barang, sehingga sejauh apapun lokasi calon pelanggan, produk bisa kita kirimkan melalui paket.

Rujak Manis Semeru, Rujak Buah Khas Malang
Jadi kalau ada waktu buat mampir ke Kota Malang, jangan hanya main ke tempat wisata aja ya… hahaha, sempatkan juga untuk berwisata kuliner menikmati sajian khas Kota Malang. Dan kalo kita pedagang aksesoris, sempatkan juga buat berfoto di area wisata dnegan menggunakan bros andalan dari toko aksesoris kita hahahaha… (teteup lho ya jualan bros)

aksesoris-khas-malang

(kie/2018)

Tags: ,

Leave a Reply