Home Pagehandmade“Qlapa : JUARAnya Produk Lokal Indonesia”

Apr 26

“Qlapa : JUARAnya Produk Lokal Indonesia”

qlapa, marketplace yang menyediakan produk handmade buatan pengrajin Indonesia

Indonesia, Kaya Budaya
Sudah lama Saya menyukai produk-produk kerajinan buatan tangan. Waktu SMP di Banjarmasin, membuat kain sasirangan adalah materi yang diajarkan di pelajaran PKK kelas 2 SMP, jadi anak-anak di sana sudah belajar cara membuat kain tradisionalnya sendiri lhoo.

Kalau lagi pulang ke rumah Ibu Mertua di Bali, tambah macem-macem lagi hasil kerajinan tangan yang bisa ditemui. Seni lukis, sehi pahat, ukir kayu, bahkan kerang yang dianggap limbah yang berserakan di pantai, bisa jadi produk yang menarik di tangan para pengrajin Bali.

aneka produk kerajinan dari batok kelapa

Pengrajin dan Permasalahannya

Selama lebih dari 10 tahun bergerak di dunia kerajinan tangan, Saya kemudian menyadari bahwa tidak semua teman-teman yang terampil memproduksi karya-karya yang indah ini, mampu memasarkan produknya.

Salah Satu Pengrajin Indonesia yang memanfaatkan limbah kayu

Kurangnya informasi, keterbatasan sarana dan prasarana seringkali menjadi alasan mereka tidak bisa berkembang, atau bahkan sekedar bertahan menjadi pengrajin produk handmade.
“Gak ada yang mau mbeli bikinan saya ini mbak”
“Ada yang beli sih, tapi nawarnya suadis mbak”
“Saya suka sih bikin-bikin rajutan gini, tapi ya Ibu saya bisa sedih mbak…  sudah dikuliahin mahal-mahal kok sayanya malah jadi tukang bikin dompet aja hehehe”
Rasanya malah sudah jadi rahasia umum, kalo jadi pengrajin apalagi yang kerjanya di rumah aja, kesannya jauh dari keren… hehehe

Qlapa, Rumahnya Produk Handmade Indonesia

Alhamdulillah akhir tahun 2015, hadir Qlapa di Indonesia.

Saya masih ingat saat seorang teman bercerita tentang Qlapa di acara kumpul-kumpul kami dengan sesama pengrajin aksesoris.
“Kalo mau jualan hasil buatan tangan yang gampang ke qlapa aja..”

Ya bener juga sih, di Qlapa kita tinggal masukkan foto buatan tangan kita dari komputer rumah, dikasih keterangan tentang bahan yang digunakan, ukuran produk dan bentuk kemasannya, KLIK OK langsung produknya go online.

Kalau ada yang beli, kita dikirimi email, barang dipaketkan, resi kita input di sistem qlapa, trus uangnya ditransfer deh… proses menjawab pertanyaan calon pembeli, verifikasi pembayaran orderan, hingga iklanin jualan kita, semua dilakukan tim Qlapa.

Jadi ya sangat membantu sekali yaa, karena kita sebagai tukang bikin-bikin bisa lebih fokus di proses pembuatan barangnya…

Melalui Qlapa, kini para pengrajin tak harus berkeliling sendiri menjajakan produknya

Tak Hanya Menjual, Qlapa Meng-Edukasi 
Dulu saat memotret produk, saya hanya memikirkan “yang penting produknya keliatan” Heuehe…

Setelah bergabung di Qlapa, tim kurasi tak bosan-bosannya mengingatkan kami saat ada hal yang bisa diperbaiki, lengkap dengan arahan apa yang harus kami lakukan. Kita sih menyebutnya dengan istilah “surat cinta” karena kalo gak cinta kita, pasti Qlapa gak akan kepikiran buat membantu kami pengrajin agar bisa memperbaiki kualitas produknya…

Selain itu, Qlapa juga secara aktif mengulas kisah para pengrajin yang tergabung didalamnya. Dan inspiratif banget lho cerita-cerita yang diulas, dan banyak anak mudanya, beberapa diantara pengrajin muda ini tergerak untuk memasarkan produk handmade karena kepeduliannya terhadap permasalahan sosial di Masyarakat. Jadi gak melulu soal uang, tapi bagaimana membuat kerajinan bisa bermanfaat bagi orang banyak… Duh kalau baca itu, rasanya jadi tambah semangat dan PeDe, ternyata pengrajin Indonesia ini keren-keren lhooo hihihihi

Saya bangga memakai produk buatan pengrajin Indonesia

Belanja di Qlapa, Mudah, Praktis dan Ekonomis

Sekarang, saya jadi hobi belanja di Qlapa. Selain bisa di akses melalui handphone, cara transaksinya juga cepat, tinggal transfer (biasnaya saya sih ke rekening BCA Qlapa) trus nanti dikabari melalui email, pada setiap prosesnya… Jadi mulai dari transferan di terima, kapan penjualnya memproses, saat barang sudah dikirim ke kurir, hingga estimasi barang sampai di rumah kita.

Trus kalau kita bingung cari kado nih ya, di pojokan paling atas halaman Qlapa ada tuh tulisan “Perayaan & Hadiah” ada banyak pilihan kado custom yang bisa kita pilih, dan akan dibuatkan khusus sesuai yang kita inginkan gitu. Kartu-kartu ucapan lucu buatan tangan juga ada lhoo…

Saya sendiri sukanya beli hiasan rumah yang ada di album “Rumah dan Dekorasi” karena hiasan yang dibuat lucu-lucu banget. Dengan tambahan hiasan dinding yang diproduksi oleh pengrajin di Qlapa, tampilan toko di garasi rumah pun jadi lebih keren deh…

Yuk Dukung Pengrajin Indonesia !

Saat produk kerajinan tangan buatan lokal bisa ada di hati masyarakat Indonesia, saya percaya dan optimis bahwa produk buatan anak negeri ini akan mampu bersaing dengan produk Internasional, dan mengharumkan Nama Bangsa Indonesia.

Dengan berbelanja di Qlapa berarti kita sudah mendukung pengrajin Indonesia mewujudkan mimpinya… yuk berikan dukunganmu pada para pengrajin Indonesia (kie)

 

14 comments

  1. Meyranti P says: April 26, 2018
  2. Maharani says: April 26, 2018
  3. meity says: April 26, 2018
  4. Nisa Munadi says: April 26, 2018
  5. geewantari says: April 26, 2018
  6. jumun says: April 26, 2018
  7. elok says: April 26, 2018
  8. Nuri says: April 26, 2018
  9. Lina says: April 26, 2018
  10. Nisa says: April 26, 2018

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply