Home Pageceloteh kikieKoleksikikie di Pesta Pendidikan Surabaya

Apr 27

Koleksikikie di Pesta Pendidikan Surabaya

Pesta Pendidikan Surabaya

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, Bank Indonesia bekerjasama dengan para aktivis, pemerhati, juga pelaku di dunia pendidikan untuk berkegiatan bersama. Acara yang diadakan untuk merayakan praktik baik di dunia pendidikan ini juga diselenggarakan di 5 kota besar lainnya, diantaranya : Yogyakarta, Ambon, Bandung, Jakarta dan Makasar.

Berbagai Kegiatan Kreatif Hadir di Pesta Pendidikan

Tidak sekedar untuk bersenang-senang, tapi rangkaian kegiatan yang diadakan juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, mengajak lebih banyak masyarakat untuk bergerak, dan juga berbagi manfaat melalui serangkaian acara, diantaranya ada : #NgobrolPublik#PameranPublik#FestivalPublik, dan juga #BukaPintuSekolah

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya :
– Sampaikan Pesan melalui Cerita, Kreatif Menulis Cerita Anak .
– Hubungan Reflektif: Manajemen Emosi Diri .
– Beranda PSPK: Setelah Membaca, Opo Maneh, Rek? .
– Gerakan Pelajar; Dari Sekolah untuk Indonesia .
– Workshop : Menulis Naskah Itu Mudah
– Menghias Yoyo dan Keke’an bareng @kampoeng_dolanan
– Transformasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Pelaku Industri Kreatif bersama @Koleksikikie

Sharing Pengalaman : Menginspirasi Melalui Cerita

Pada kesempatan ini saya menceritakan perjalanan membangun Koleksikikie selama 10 tahun terakhir

Semua Murid Semua Guru, adalah semboyan yang diusung dalam kegiatan ini. Karena sejatinya, dimana ada kemauan untuk belajar, disitulah kita bisa mengambil ilmu untuk belajar.

Membawakan Topik : Transformasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Pelaku Industri Kreatif saya berbagi cerita, suka duka menjalankan usaha kerajinan tangan dari rumah selama sepuluh tahun terakhir.

Dan seneng deh melihat teman-teman yang hadir, karena semuanya terlihat penuh semangat, hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan oleh peserta
“Apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha Mbak?”
“Gimana cara menghitung bahan baku dan bagaimana tips agar laku”
“Saya ingin memasarkan produk buatan kelompok saya, tapi gak tau cara mencari pasar yang tepat”
“Kursus dan pelatihan apa yang harus saya ikuti untuk bisa memulai usaha sendiri”
Hihihihi… keren-keren kan pertanyaannya

para ibu yang hadir tampak serius mengikuti acara

ACara Diskusi semakin seru karena kehadiran dari Mas Theo – Ideo, seorang penggerak ibu-ibu dari keluarga menengah ke bawah, untuk membuat kerajinan tangan. Mas theo sudah menekuni bidang ini selama 15 tahun, dan memproduksi barang-barang yang telah berhasil dieskpor ke berbagai negara. Di kesempatan ini, Mas Theo bercerita tentang suka duka menggerakan kelompok masyarakat, lengkap dengan tantangan yang dihadapi, harapannya makin banyak lagi dari kita yang peduli pada masalah sosial yang terjadi di sekitar kita, dan tergerak untuk memberdayakan kelompok ini demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

foto bersama para peserta seminar “transformasi Ibu rumah tangga menjadi pelaku industri kreatif”

Rasanya seneng dan bangga deh bisa terlibat menjadi bagian dalam kegiatan Pesta Pendidikan Nasional kali ini. Karena saya pribadi, ikut belajar dan mendapatkan banyak ilmu baru dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tsb. Semoga langkah kecil ini bisa membawa kita bersama menuju kehidupan yang lebih baik, dan pelan-pelan mewujudkan cita-cita kita. Amiiieeennn

Ucapan terimakasih yang tak terhingga, saya sampaikan untuk Mbak Inge yang telah mengajak saya untuk ikut berpartisipasi langsung di Pesta Pendidikan Nasional 2018, juga tentu saja untuk semua sahabat koleksikikie yang meluangkan waktu hadir di acara kemarin.

Foto Bersama Mbak Inge, salah seorang pemerhati pendidikan dan penggerak kegiatan kreatif di Surabaya

Sampai jumpa di event berikutnya ya sahabat (kie)

Leave a Reply