Home PageBisnis AksesorisLiputan Koleksikikie di BBS TV

Mar 28

Liputan Koleksikikie di BBS TV

Berbisnis Aksesoris itu Gampang
Bulan November setahun yang lalu saya mendapatkan kesempatan istimewa untuk berbagi cerita tentang koleksikikie di salah satu program tentang kewirausahaan di BBS TV. BBS TV merupakan TV lokal yang jangkauan wilayah siarannya meliputi Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Kamal, Malang, Kediri dan Bangkalan. Salah satu program andalannya, adalah liputan tentang UKM-UKM yang ada di Kota Surabaya dalam Program acara “Berbisnis itu Gampang”

Cerita Tentang Awal Mula Koleksikikie Berdiri
Setelah diajak cerita-cerita… saya jadi teringat kembali bagaimana awal mula Koleksikikie lahir. Kata Koleksikikie sendiri hadir pertama kali di tahun 2007, awalnya kata ini tidak sengaja tertulis pada salah satu artikel yang saya posting di halaman blog pribadi saya yang banyak memuat cerpen yang saya tulis (Hahahaha… iya dink saya dulu suka banget nulis cerpen…)

Jadi tanpa terasa Agustus 2018 ini, Koleksikikie akan genap berusia 11 tahun lhoh hehehehe….

“Kenapa Berbisnis Aksesoris?”
Bisa dibilang merupakan salah satu pertanyaan yang kerap diajukan kepada saya, dan jujur aja ya prend… alasan yang mendasarinya sangat sederhana sekali, alias ya karena seneng aja.

Jadi ceritanya Dari SMP, saya sudah suka banget pelajaran PKK, alias Pendidikan Ketrampilan Keluarga hihihii jadi yah semacam pelajaran dasar yang dibutuhkan untuk bisa survive dalam kehidupan berkeluarga kelak wkwkwkw… kaya menjahit, menyulam, bikin keset pake benang wol yang kita rangkai pake  bingkai, juga bikin beragam hiasan dekorasi rumah yah rasanya pelajaran itu selalu seru gitu buat dilakukan…

Lalu pas SMP saya mulai secara khusus bikin gelang dari kabel telpon rumah (yup waktu saya kecil dulu, telpon yang ada di rumah masih pake kabel yaaa hahaha) yang kalo dikupas akan ada bagian kabel yang lebih tipis dan berwarna-warni. Nah kabel inilah yang kemudian saya rangkai dan dijual jadi gelang persahabatan..

Lika Liku Bisnis Aksesoris
Walaupun saya sudah memulai usaha aksesoris ini di usia yang relatif muda, tapi ya namanya juga bisnis yaaa tetep aja ada naik dan turunnya hahahaha…

Produk yang bagus dan berkualitas adalah syarat utama untuk bisa bertahan dalam suatu bisnis. Namun dibutuhkan ketrampilan dan kreativitas yang gak putus-putus untuk bisa memasarkan produk yang sama secara terus menerus.. dan ternyata zaman dulu saya juga sudah melakukan sistem endorse sederhana lho ke temen-temen saya… walaupun di masa itu belum ada instagram hahaha…

Tapi kalo diinget-inget tantangan terbesar justru datang dari orang-orang terdekat kita. Saya inget banget Bapak Ibu saya dulu gak 100% mendukung keinginan saya untuk berbisnis aksesoris saat lulus kuliah. Trus kalo udah gitu gimana donk? Kalo saya sih biarpun apa yang saya suka penting, tapi nurut sama orangtua itu wajib ahahahaha…. Jadi ya selepas kuliah, saya masih mencoba mewujudkan keinginan orangtua dengan bekerja di sebuah Bank Swasta. Tapi ya kembali lagi ya… kalo namanya udah passion,s esuatu yang kita inginkan dengan sangat, yanga kan kita perjuangkan sepenuh hati, ya tetep aja biarpun dibilang jangan… selalu ada usaha untuk mewujudkannya hahaha…

Jadi buat temen-temen yang mungkin ngalamin juga nih saat ini… dapet semacam penolakan dari keluarga ataupun orang2 terdekat kita. Coba berusaha dengerin juga masukan-masukan mereka, percayalah bahwa setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Saya sendiri walaupun hanya sekitar 3 tahun bekerja di Bank, namun merasakan banyak sekali manfaat yang akhirnya membantu saya dalam mengembangkan Koleksikikie. Jadi Alhamdulillah banget sebelum bekerja sendiri dari rumah, saya sudah mendapatkan pengalaman berharga dengan terlebih dulu bekerja di Perusahaan Nasional.

Berbisnis Online Solusi Bagi Ibu yang bekerja dari rumah
Koleksikikie lahir setahun setelah putra saya Dimas lahir. Sebagai Ibu baru yang jauh dari orangtua juga ya waktu itu, maka tantangan terbesar yang saya hadapi adalah bagaimana menjalankan bisnis saya dari rumah, tetep bisa deket sama Dimas, tapi juga bisa memperkenalkan produk yang saya buat kepada lebih banyak orang..

Dari situ saya mulai kepikiran buat website. awalnya masih mengandalkan platform gratisan ya dari multiply… dan ternyata gak langsung laku donk wakakakaka…. Dari situ saya mulai mengubah strategi bisnis, dengan mengajak orang untuk mengenal saya lebih dekat. Jadi gak melulu tentang menjual bros, tapi saya ajak pembaca blog Koleksikikie untuk mengetahui proses pembuatan aksesoris, bagaimana suka dukanya berburu bahan untuk bikin bros, kerumitan yang harus saya alami saat proses desain… dan ternyata tulisan-tulisan ini diapresiasi orang dan akhirnya menimbulkan rasa kedekatan. Kedekatan inilah yang akhirnya mendorong orang tidak hanya percaya kepada saya secara pribadi, tapi juga membuat mereka mempromosikan usaha saya tanpa diminta…

Dari sinilah koleksikikie pelan-pelan mulai mengembangkan usahanya secara online.

(bersambung)

Leave a Reply