Home PageBisnis AksesorisMengenal Istilah SEO & SEM untuk Ibu-Ibu Pengusaha UKM

Jan 18

Mengenal Istilah SEO & SEM untuk Ibu-Ibu Pengusaha UKM

Dulu waktu pertama kali mulai belajar bikin website melalui platform gratis multiply.com saya pernah ditanya “Web nya sudah SEO friendly belum mbak, karena percuma bikin website kalo SEO-nya gak diurusin” whuaa langsung panik… apaan sih SEO (heuehehe…)

Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization), Google sendiri mengartikan  SEO sebagai:
“Cara meningkatkan pengunjung sebuah website melalui mesin pencari”
– Online marketing vocabulary, Learn with Google.

hm Masih inget yellow pages gak prend?
Kalau zaman dulu banget… kita bikin toko trus Toko kita ada nomer telponnya, langkah penting untuk membuat toko kita mudah ditemukan adalah mendaftarkan nomer telpon Toko di Kantor Yellow Pages, buku kuning super tebal yang isinya daftar nomer telpon penting yang ada di satu kota tertentu. Dengan tercantuk di buku kuning, siapa aja yang butuh informasi dari buku tersebut akan lebih mudah menemukan toko kita.

Nah di zaman sekarang yang semuanya serba online, punya website tentu menjadi suatu hal yang penting ya bagi pebisnis rumahan macem kita. Tapi kalau website nya gak bisa ditemukan oleh mesin pencari… maka sangat kecil sekali kemungkinan produk yang kita pajang di website kita ini bisa laku terjual. Disinilah mengapa SEO sangat penting, karena pengetahuan tentang SEO akan membantu kita untuk membuat apa yang ada di website lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

MESIN PENCARI INFORMASI

“Kalau gak tau di-googling aja”
“Tanya aja ke Mbah google”
“Google aja kalo mau tau jawabannya”

Kayanya sering banget ya kita denger kalimat-kalimat semacam itu belakangan ini. Sebagai sebuah brand, google berhasil menciptakan imej yang sangat kuat bagi penggunanya. Sehingga cukup wajar bila banyak orang yang beranggapan bahwa mesin pencari otomatis = google. Padahal, google hanya satu diantara sekian banyak search engine/mesin pencari yang ada di dunia.

Beberapa Search Engine yang lain diantaranya :
1. Bing (2009)

Bing yang merupakan produk microsoft di klaim sebagai mesin pencari yang menduduki peringkat kedua terbanyak digunakan pengguna internet setelah google.

2. Ask.com (2006)

Awalnya situs ask.com bermula dari tanya jawab yang sering dilakukan oleh pengguna internet yang kemudian dikembangkan oleh Garrett Gruener dan David Warthen di negara bagian Amerika Serikat, California.

3. DuckDuckGo (2008)

DuckDuckGo didirikan di Pensylvania, Amerika oleh Gabriel Weinberg. Mesin pencari ini digemari karena komitmennya untuk menjaga privacy pada para penggunanya. Tidak seperti search engine yang lainnya. DuckDuckGo tidak menampilkan profil penggunanya, dan hasil pencarian antara pengguna satu dengan lainnya akan menyajikan informasi yang sama.

4. Yandex (2010)

Mesin Pencarian Yandex ini merupakan produksi dari Perusahaan Internet populer di Rusia, mesin ini banyak digunakan di Ukraina, Belarus, Kazakhstan dan Turki.

5. Baidu (2000)

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Beijing China. Mesin pencarian terbesar di Cina ini didirikan oleh Robin Li dan Eric Xu, warga negara Cina yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China dan mengembangkan Baidu.

Selain itu juga ada AOL, Yahoo dan lain-lain. Beberapa masih aktif digunakan, yang lain bangkrut karena semakin hari semakin kehilangan jumlah pemakainya. Menurut saya sih biarpun ada banyak mesin pencari, sebaiknya kita fokus ke satu yang paling banyak digunakan oleh target market kita aja. Sehingga PRnya menjadi lebih fokus untuk membuat konten website kita ada di halaman pertama mesin pencari Google.

Trus gimana donk cara membuat website yang menarik agar mudah ditemukan oleh mesin pencari ini, atau yang umum disebut sebagai WEBSITE yang SEO FRIENDLY

MEMBUAT WEBSITE YANG SEO FRIENDLY

Kalau kita googling, ada banyak artikel yang membahas tentang tips-tips untuk menciptakan website yang mudah ditemukan di mesin pencari google. Namun bagi saya secara sederhana yang harus kita lakukan adalah :

  1. Kenali siapa pengunjung website yang kita cari
    Saat memutuskan untuk membuat website untuk UKM kita, sebaiknya sedari awal kita sudah membayangkan siapa yang akan menjadi target customer kita, yakni orang-orang yang kita harapkan mau membaca tulisan yang kita buat. Dengan bisa membayangkan siapa mereka, akan lebih mudah bagi kita untuk memperkirakan kebiasaan mereka, serta hal-hal menarik yang mereka cari saat browsing di Internet. Nah hal-hal itulah yang nantinya harus kita sediakan di website yang kita kelola prend.
  2. Sajikan Informasi yang bermanfaat
    Walaupun tujuan uatama keberadaan website kita untuk menjual produk UKM kita. Selalu sisipkan informasi yang bermanfaat bagi calon pelanggan kita. Misalnya produk yang dijual adalah baju batik, sebaiknya postingan di website tidak melulu tentang baju, serta daftar harganya saja. Namun juga dilengkapi dengan tips cara padupadan baju, bagaimana memilih aksesoris yang tepat untuk batik tersebut, trik merawat bahan batik agar awet serta ulasan tentang tokoh fashion yang menginspirasi. Jenis-jenis tulisan ini akan membantu orang-orang yang kita target sebagai pelanggan untuk menemukan website kita.
  3. Berusahalah untuk selalu Fokus dan Informatif.
    Salah satu tantangan persaingan bisnis online bagi UKM seperti kita adalah meninggalkan kesan kepada pelanggan. Bagaimana membuat mereka mengingat toko kita, diantara banyak toko online lain yang juga menjual produk yang sejenis.
    Untuk mencapai tujuan ini yang harus kita lakukan adalah fokus menyajikan tema yang sama berulang-ulang. Kemasan luar artikelnya boleh berbeda-beda, namun apabila toko kita adalah toko yang menjual produk makanan organik, sebaiknya tema yang kita tulis di halaman website kita tidak jauh-jauh dari gaya hidup dehat dan pentingnya memilih bahan makanan yang baik untuk menjaga kualitas hidup kita.
    Beberapa orang memilih menulis artikel yang panjang… namun saya sendiri lebih menyukai artikel yang singkat, padat dan informatif. Karena tulisan yang terlalu panjang justru menyebabkan kejenuhan dan membuat pembaca males berlama-lama di halaman website kita.
  4. Lengkapi Konten Website dengan Hal yang secara Visual Menarik
    Tulisan yang informatif memang bermanfaat bagi pembaca website, namun apabila dilengkapi dengan gambar dan video bergerak yang unik, akan terlihat jauh lebih menarik dan menyenangkan untuk dibaca.
    Namun pastikan bahwa gambar dan video ini tidak menyerap kuota internet terlalu besar, sebab akan memperlambat waktu loading yang dibutuhkan pengunjung untuk mengakses website kita. Pastikan juga gambar dan video yang kita pasang relevan atau mendukung tulisan yang kita tampilkan.
  5. Kuasai Teknik Penulisan di website. 
    Hal ini meliputi pemilihan gaya bahasa yang tepat untuk pembaca kita, membuat alur tulisan yang menarik, serta menulis Meta dan Title Description Artikel saat penulisan di dashboard website. Penulisan Meta Description yang tepat terbukti ampuh meningkatkan efektifitas pencarian artikel oleh google.
  6. Jalin Relasi Online
    Sangat penting untuk menjalin persahabatan dengan audience online kita, baik sesama penulis website, para pembaca dan pelanggan kita, juga situs-situs direktori yang biasa mengelompokkan informasi terkait. Dengan menjalin hubungan baik, saling mengunjungi, membalas komentar dan  menciptakan komunikasi yang hangat dengan pembaca website, akan besar kemungkinan mereka men-share artikel kita ke berbagai sosial media.
  7. Rutin Terjadwal
    Salah satu kunci penting untuk menjaga website kita berada di peringkat pertama mesin pencari adalah melakukan update secara kontinu dan terus menerus. Website yang aktif akan lebih mudah ditemukan dibandingkan website yang ada sejak lama namun tidak dikelola dengan baik. Untuk itu sangat penting untuk selalu meng-update isi website dnegan artikel terbaru yang relevan, membuat pembaca setia kita terus menunggu informasi terbaru dari website kita. Cara lain yang bisa dilakukan (khususnya untuk website yang memiliki usia 10 tahun lebih) adalah memperbarui artikel lama dengan menambahkan beberapa info atau foto baru, sehingga lebih fresh dan relevan ketika dibaca.

SEO vs SEM

Selain SEO, di dunia internet marketing kita juga mengenal istilah SEM. SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, atau dapat diartikan sebagaimana berikut :
“Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).”
– Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Kalau SEO memungkinkan website kita ditemukan di halaman pertama dengan cara organik/alami. Maka SEM akan membantu website kita ditemukan dengan cara memasang iklan berbayar.

Apa Beda SEO & SEM
1. WAKTU
Menurut saya perbedaan paling mendasar dari SEM dan SEO adalah Waktu.
Dibutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar untuk bisa merasakan dampak artikel yang kita tulis dengan SEO agar bisa muncul di halaman pertama, ibaratnya setelah artikel ditulis perlu pembaca yang menguji efektivitas artikel tsb dulu, untuk kemudian menjadikan tulisan itu muncul di halaman pertama google.
Berbeda dengan menggunakan metode SEM, setelah kita membayar biaya iklan, postingan kita bisa langsung berada di halaman pertama google. Namun lamanya ada di halaman tersebut akan tergantung dari anggaran iklan yang kita keluarkan.

2. BIAYA
Dengan mengoptimalkan penggunaan SEO, artikel yang memiliki konten yang bermanfaat dan baik akan selalu beradadi peringkat atas secara natural.
Namun untuk artikel yang mengandalkan SEM, dibutuhkan biaya yang terus menerus untuk mengiklankan tulisan tersebut agar ada di halaman pertama. Maka secara jangka panjang biaya yang dibutuhkan akan semakin banyak. Selain itu perlu juga menguasai teknik beriklan yang sesuai sasaran agar pembaca yang menemukan iklan berbayar kita ini memang benar2 target market yang ingin kita tuju. Sebab akan sangat merugikan bila iklan kita banyak dibaca, namun bukan oleh orang yang berpotensi membeli produk yang kita jual… mereka relatif akan mengabaikan informasi yang kita berikan di tulisan tersebut.

Sehingga bisa saya simpulkan bahwa kedua metode ini sama-sama bermanfaat dan mendukung keberadaan website kita. Namun penerapannya sebaiknya disesuaikan dnegan kebutuhan dan tujuan keberadaan website kita, juga mempertimbangkan biaya serta faktor lain yang terkait.

INGIN BELAJAR LEBIH BANYAK TENTANG MATERI SEO & SEM?


Yuk Belajar Bareng, Kabar gembiranya GOOGLE MEMBUKA KELAS STRATEGI BISNIS DIGITAL di 10 Kota Besar di Indonesia. Dan untuk Kota Surabaya ada jadwal pelatihan untuk bulan Januari ini loh, Saya sendiri rencananya akan hadir menjadi trainer di kelas pengenalan SEO & SEM  😍😍.


Sehingga buat temen-temen yang punya usaha dan ingin belajar strategi digital untuk dunia usahanya, yuk ikutan gelas Google Gapura Digital yang akan diselenggarakan secara GRATIS! dengan bbeberapa materi pilihan sebagaimana berikut ini :

1) Panduan Dunia Digital
Sabtu, 20 & 27 Januari 2018
🕘 09.00 – 12.00 WIB

2) Google untuk Bisnismu
Sabtu, 20 & 27 Januari 2018
🕐 13.00 – 16.00 WIB

3) Tips Website Efektif
Minggu, 21 & 28 Januari 2018
🕘 09.00 – 12.00 WIB

4) Pengenalan Search Engine Optimation (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
Minggu, 21 & 28 Januari 2018
🕐 13.00 – 16.00 WIB

🏢 KORIDOR Coworking Spaces
Gedung Siola lt.3
Jalan Tunjungan, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60275
(goo.gl/maps/yMHw1d45Yq72)

Daftar sekarang!
http://g.co/gapuradigital

Selamat bergabung, belajar, & berjejaring bersama Google!

Info lebih lanjut:
(Ardianto)
📱 0812 9700 8459 atau klik bit.ly/DaftarGapuraSby
📧 atanadjaja@google.com

Foto bersama para trainer Google Gapura Digital Surabaya

Leave a Reply