Home Pageceloteh kikieDAFTAR OBAT YANG DIBAWA SAAT TRAVELING KE LUAR NEGERI

Nov 01

DAFTAR OBAT YANG DIBAWA SAAT TRAVELING KE LUAR NEGERI

Traveling Ke Luar Negeri
Mendapat kesempatan bisa jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan. Namun ada banyak hal yang harus disiapkan demi kelancaran perjalanan kita, diantaranya :
1. Pakaian untuk perjalanan di tempat tujuan
2. Surat-surat berharga yang menjadi persyaratan perjalanan
3. Uang saku dalam mata uang negara tujuan, serta yang juga penting namun seringkali terlupakan adalah
4. Daftar obat-obatan pribadi untuk lancarnya misi jalan-jalan di negeri orang.

Kenapa Harus Membawa Obat dari Tanah Air?

Yang namanya sakit, memang gak bisa diprediksi ya kapan datangnya, namun kita bisa mempersiapkan cara mengantisipasinya dengan lebih berhati-hati saat menemui hal baru, misal : makanan baru, cuaca baru, kualitas udara yang berbeda dengan di negara asal kita termasuk juga orang-orang di tempat baru. Di samping itu, mempersiapkan obat-obatan pribadi dari tanah air juga akan membantu kita bisa memberikan pertolongan pertama sesegera mungkin, saat sakit yang tidak diharapkan itu datang.

jajanan lokal masyarakat China yang menggoda

 

Hal lain yang patut dipertimbangkan sebagai alasan kenapa harus membawa obat sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri diantaranya adalah:

  • Kendala bahasa memungkinkan apoteker di negara setempat keliru memberikan obat yang kita maksud. Terutama untuk penyakit yang memiliki ciri2 membingungkan, dan membuat kita sulit untuk menjelaskannya kepada orang lain.
  • Harga obat di beberapa negara relatif sangat mahal, dibandingkan obat yang bisa kita beli dari tanah air. Sayang juga kan kalo uang saku kita yang terbatas jadi habis banyak terpakai di toko obat.
  • Tidak semua negara menjual jenis obat yang biasa kita gunakan di tanah air, seperti : obat anti masuk angin, minyak kayu putih, minyak tawon, dan aneka minyak-minyakan lainnya.
  • Tempat baru memungkinkan kita menemui kesulitan untuk menemukan lokasi toko yang menjual obat. Paling sedih kalau pas traveling sendirian, gak ada yang bisa dimintain tolong beli obat saat kita sedang sakit.

Obat Apa saja yang Harus Dibawa?

Kalau Saya biasanya sih bawa obat-obatan yang gampang ditemukan di mini market dekat rumah. Tapi setelah melakukan pengecekan harga, belanja obat di apotek umumnya akan jauh lebih murah dibandingkan bila berbelanja di toko serba ada yang menjual berbagai kebutuhan. Untuk itu apabila daftar obat yang ingin kita beli banyak, sebaiknya sih belanjanya ke apotek saja.

Adapun jenis obat yang biasa saya beli untuk dibawa dalam perjalanan diantaranya adalah :

  1. OBAT ANTI MASUK ANGIN
    Obat sachet yang hadir dalam berbagai merk seperti tolak angin, masuk angin, anta angin dsb nya ini terbukti sangat manjur untuk menghangatkan tubuh saat kondisi sedang lemah akibat rasa lelah menempuh perjalanan jauh.
  2. OBAT ALERGI
    Karena terkadang kita gak tau jenis makanan apa yang akan kita makan di negeri tujuan, serta kondisi cuaca yang bagaimana yang akan kita temukan, sebaiknya siapkan obat alergi semacam CTM, Alergin, celestamine dsb.
  3. OBAT FLU
    Nah Flu ini penyakit yang paling sering muncul saat kondisi tubuh kita nge-drop akibat perjalanan yang melelahkan, sehingga sebaiknya sih selalu siap sedia yaa… saya sendiri biasanya memilih panadol hijau. dan cooling 5 buat obat semprot anti flu nya. Jadi kalau tenggorokan mulai terasa sakit buat nelan, suara agak serak, inilah saatnya cooling 5 beraksi.
  4. OBAT PANAS
    Panas atau Demam biasanya adalah gejalan yang muncul akibat terjadinya infeksi atau sakit lain pada tubuh. Gejala lainnya sih bersama panas akan kita rasakan juga pusing. Nah sebaiknya siapkan paracetamol dalam kotak obat yang kita bawa, saya biasanya membawa panadol biru.
  5. OBAT PEGEL MINUM
    Neurobion Forte yang mengandung vitamin B biasanya selalu saya sediakan di kotak obat, saat menghadapi jadwal perjalanan yang padat. Lumayan bikin badan terasa lebih fresh lah kalo pas cape banget
  6. OBAT PEGEL OLES
    Nah untuk kaki pegal akibat kebanyakan jalan, saya juga siapkan obat oles biasanya sih saya bawa counterpain karena saya menyukai rasa hangat yang terasa saat obat ini dioleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Namun kalau kita tidak terbiasa dengan rasa hangat tersebut, kita bisa juga memilih obat oles seperti voltaren
  7. MINYAK GOSOK
    bisa bawa minyak angin semacam minyak kayu putih atau biar  kekinian pilihan kemasan kecil yang mudah dibawa dengan bentuk roll on pada ujungnya. Minyak ini terbukti bisa menjadi pertolongan pertama saat perut terasa mual, atau kepala mulai agak pusing. favorit saya sih merk FreshCare.
  8. OBAT SAKIT PERUT
    Nah salah satu sakit yang paling sering di alami oleh mereka yang melakukan perjalanan ke destinasi baru adalah sakit perut/mencret. Kondisi ini terlihat ringan namun cukup berbahaya dan dapat menimbulkan dehidrasi pada penderita. Sebaiknya siapkan Norit atau diatabs tablet sebagai pertolongan pertama yang bisa kita lakukan, untuk mengurangi frekuensi sakit perut yang diderita.
  9. Obat Asam Lambung
    Sakit yang ini juga mendera bagian perut, namun kalau sakit yang pertama biasanya terjadi akibat salah memilih menu makanan. Obat asam lambung biasanya kita butuhkan saat lupa makan, atau tidak menemukan makanan yang dirasa akan cocok dengan tubuh kita. Akibat dari kondisi ini asam lambung diperut akan naik, dan lebih jauh lagi memicu penderita mengalami sakit maag. Saya memilih membawa mylanta kapsul untuk menghadapi situasi ini.
  10. Obat/Vitamin untuk daya tahan tubuh
    Obat ini sebenarnya masuk aktegori obat preventif, alias jaga-jaga menghadapi kondisi tak terduga akibat perjalanan. Bisa pilih imboost cuma karena cairan, agak risiko dibawa perjalanan naik pesawat terutama kalo sudah dibuka, karena saya pernah ngalami pecah dan nyiprat kemana-mana gitu. Jenis lain yang bisa dibawa ada stimuno atau fituno, pilih yang sesuai dengan kita.
  11. OBAT LUKA LUAR
    Berupa perban dan obat merah, sebenernya gak terlalu urgent sih jenis obat ini. Hanya saja saya memang suka luka gitu tangannya, yah istilahnya punya kulit gampang beser dan ngelupas gitu deh.. walhasil betadine dan hansaplast selalu saya sediakan saat perjalanan jauh. Karena biarpun kecil biasanya cukup mengganggu kalau gak segera saya obati.
  12. OBAT TETES MATA
    Ini juga sebenernya bukan kategori obat wajib sih, cuma saya punya riwayat gampang merah matanya kalau terkena debu atau pas lagi kecapean. Nah karena itulah saya selalu sedia obat tetes mata seperti insto atau visine untuk menemani perjalanan jauh. Untuk menghindari hal ini sih sebenernya gampang, jangan lupa bawa kacamata hitam! selain menjaga mata dari debu dan iritasi juga bisa bikin penampilan kita lebih gaya

CATATAN KHUSUS Buat Traveler Perempuan
Meskipun belum waktunya haid, sebaiknya selalu siapkan pad untuk menemani perjalanan kita ke luar negeri. Karena kadang kalo lagi kecapean, jadwal datang bulan bisa lebih maju atau lebih mundur dari waktu biasanya. Nah tidak semua Negara menjual pad seperti yang ada di Indonesia, seperti di Australi mereka umumnya menjual pad berbentuk tampon, yang pasti akan menambah kepanikan tersendiri bagi kita kalau gak biasa menggunakan pad jenis ini. Selain itu tisu basah dan tisu kering juga menjadi hal yang wajib ada menemani kotak obat yang kita punya.

Tapi sebaiknya sih sebelum perjalanan jauh, kita sudah menyiapkan stamina tubuh. Misalnya kalau tau jadwal perjalanan akan padat dan banyak menggunakan transportasi umum, sedari jauh-jauh hari sudah latihan lari untuk melatih tubuh siap menghadapi hari-hari sibuk. Tapi yah saya juga sebelum berangkat pameran ke Pakistan sudah sempet minum vitamin dan banyak olahraga, tapi tetep aja selama disana kondisi kesehatan saya di 3 hari terakhir terus menurun. Untungnya sih terselamatkan dengan adanya YouC1000, minuman segar yang kaya vitamin C yang dibawa oleh Bapak Fendy Heryanto, Export Manager PT Djojonegoro C-1000 yang juga menjadi salah satu delegasi yang berangkat bersama kami dalam Pameran ke Pakistan tempo hari.

Minuman dengan rasa asam manis ini mampu memberikan rasa segar sekaligus juga meningkatkan stamina tubuh yang drop. Menyelamatkan mood di saat-saat genting…  Juara Deh !!!

Semoga informasinya membantu ya sahabat, selamat jalan-jalan ke luar negeriiii (kie)

 

Leave a Reply