Home PageBisnis AksesorisTraining for The Trainer GOOGLE-Gapura Digital

Oct 03

Training for The Trainer GOOGLE-Gapura Digital

calon Trainer di kelas TTT Gapura Digital

SELEKSI GOOGLE TRAINER
Hari Senin kemarin, saya mendapatkan undangan dari Google Indonesia untuk mendaftarkan diri menjadi Trainer untuk Program Gapura Digital. Program Gapura Digital, merupakan program pengenalan tentang Pemasaran secara Online yang diprakarsai oleh Google. Tujuan diselenggarakan program ini juga sangat mulia lho, yakni untuk mendukung kemajuan bisnis, khususnya UKM, di Indonesia secara online.

Sebelumnya di Bulan Juni 2017, saya sempat hadir dalam program Google-Women Will yang khusus ditujukan untuk para wanita pengusaha rumahan di Jawa Timur. Dan Saya merasa sangat terinspirasi bisa bertemu dengan banyak sahabat perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha rumahan dan berhasil memajukan usahanya secara online.

bersama sahabat kelas bisnis online menghadiri acara Women Will Surabaya

Maka undangan ini jelas sebuah peluang yang bagus untuk dapat berpartisipasi langsung dalam mensukseskan cita2 mulia, memajukan perekonomian Indonesia khususnya skala rumahan/UKM agar dapat lebih maju dan dikenal masyarakat luas melalui pemasaran secara online. Yah walaupun aslinya deg-deg an juga ya, karena untuk dapat diterima, kita harus melampirkan beberapa persyaratan dan mengisi form untuk seleksi administrasi. Dan seneeeeeng banget pas akhirnya lolossss…. yeaaayyyy….

KORIDOR, Working Space SIOLA Surabaya.

Setelah mendapat surat pengumuman terpilih, kita para calon trainer diwajibkan untuk terlebih dulu mengikuti Kelas  “train-the-trainer” yang diadakan di Hari Sabtu dan Minggu  (30 September – 1 Oktober 2017) di KORIDOR Coworking Space, Gedung Siola Lt. 3, Jl. Tunjungan, Surabaya . Jadi kalau belum pernah tau lokasinya ada dimana, tempatnya tepat berada di jembatan penghubung Gedung Siola dengan Gedung Tua di sisi sebrangnya. Saya terakhir ke lokasi ini di tahun 2007an, dan setelah 10 tahun, tempatnya sudah diubah ;jadi sangat cozy, hijau dan cool banget lho…

Disini, setiap minggunya ada banyak kegiatan workshop yang diadakan oleh berbagai komunitas anak muda, salah satunya Google Indonesia (yah Alhamdulillah banget yaaa… saya jadi ngerasa muda belia gitu diundang di acara ini hahaha…) Tapi bener lho, lokasinya keren banget buat belajar, kumpul sama temen, atau sekedar foto selfie untuk menambah keakraban… tsaahhh.

TRAINING for THE TRAINER Gapura Digital
Selama dua hari, kami sekitar 50 orang calon Trainer dari Kota Malang dan Surabaya mendapatkan pembekalan materi. Awalnya acara dibuka oleh mas Farizan dari KIBAR, yang menjadi parter Google Indonesia di Surabaya.

Selanjutnya ada Bapak Irzan Nurman yang memberikan pembekalan bagaimana menjadi Trainer yang baik. Beliau membahas tidak hanya skill mengajar, namun juga mengajak para peserta untuk mencari tau ke dalam hati kecilnya, apa yang mendorong dan memotivasi kami untuk berbagi mengajarkan ilmu yang kami miliki kepada lebih banyak orang. Seruu banget lhooo, mungkin karena dokter Izan ini memiliki sertifikasi dibidang NLP ya jadinya setelah materi usai, kita seperti di charge dengan energi dan semangat baru.

Selanjutnya dari Mas Chandra kami mendapatkan pembekalan materi-materi yang akan di ajarkan dalam dalam pelatihan GapuraDigital pada level “Siap Digital yakni :

  1. Panduan Dunia Digital
  2. Google Untuk Bisnismu
  3. Tips Website Efektif
  4. Pengenalan SEO dan SEM.

Yah walaupun kalo dipikir2 apa yang diterangkan pada kelas ini adalah hal yang dekat dengan apa kami lakukan sehari-hari, tetep saja rasanya ada hal baru yang menarik dari setiap tahapan yang diikuti. Mungkin juga karena saat belajar sambil ngebayangin nanti kalo kita ngajar di depan bakalan dapet pertanyaan apa ya, jadinya belajarnya seru karena deg-deg an hiahahahaha….

Selamat Berjuang Para Trainer Baru Gapura Digital
Dan gak hanya belajar lho ya, di akhir acara kami pun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian praktek mengajar, dengan durasi 5 menit untuk masing-masing peserta. Dan bisa dibilang itu salah satu 5 menit yang paling lama di hidup saya hahaha…  Peserta yang hadir wajib maju saat namanya dipanggil, kemudian secara acak mendapatkan materi yang telah dipelajari kemarin untuk dijelaskan di depan para trainer yang hadir. Seruuu banget, dan yang jelas luegaaa banget pas akhirnya acara berakhir dengan pengumuman menggembirakan bahwa kami yang telah ikut serta di kelas dua hari tersebut, dinyatakan LULUS dan dapat bertugas untuk mengajar di kelas Gapura Digital yang diadakan Google – Indonesia.

para Trainer Gapura Digital

Special Ucapan Terimakasih untuk Ardianto Tanadjaja
Kalau ada nama yang sangat berjasa dalam kelancaran kegiatan ini rasanya semua sepakat dia adalah Ardianto Tanadjaja. Pria muda yang selalu memiliki warna rambut yang berbeda di setiap kali saya bertemu ini adalah Project Manager Gapura Digital untuk wilayah Surabaya. Dengan cekatan dan piawai, dia mengorganisir acara dan kegiatan ini hingga dapat terselenggara dengan lancar. Buat sahabat koleksikikie yang ingin mengikuti Training Gapura Digital ini juga bisa lho…

Training ini sepenuhnya dibiayai oleh Google Indonesia, dan diselenggarakan secara gratis untuk para pemilik start up business dan UKM di beberapa kota besar di Indonesia. Syaratnya juga cukup mudah, punya niat, ada komputer/tablet, semiliki bisnis/usaha dan foto untuk produk yang akan dipasarkan. selanjutnya kita bisa mendaftarkan diri langsung ke Mas Ardianto melalui sms 0812 9700 8459. Bagi para peserta yang mengikuti 4 kelas sekaligus, akan mendapatkan sertifikat dari Google sebagai tanda bahwa kita telah melewati tahap Siap Digital.

Jadi yuk ah jangan ditunda, segera daftarkan dirimu dan bisnismu untuk ikut dalam kelas Gapura Digital ini, siapa tau yang ngajar nanti saya sendiri.. hihihihihi… (kie)

 

2 comments

  1. Sisil says: October 4, 2017

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply