Home Pagebahan manik-manikMemilih Kemasan untuk Aksesoris

Apr 19

Memilih Kemasan untuk Aksesoris

Pentingnya Kemasan untuk Aksesoris
Tidak bisa dipungkiri, kemasan atau packaging memegang peranan yang penting dalam bisnis aksesoris. Barang yang sama, bisa memberi kesan yang berbeda ketika dikemas secara berbeda pula. Selain itu, kemasan yang menarik juga memberikan pengalaman tersendiri bagi para konsumen yang bisa membantu mereka mengingat produk kita dengan baik.  Belakangan beberapa orang memilih menjual produk susu sapi dalam kemasan botol dot, untuk menarik perhatian calon pembelinya.

susu nyot

kemasan susu nyot menggunakan Botol Dot Bayi

MANFAAT KEMASAN diantaranya :
1. Meningkatkan Harga Jual Produk.
Bros yang sama bisa dijual dengan harga yang jauh berbeda saat dikemas secara berbeda.

kotak kemasan bros

brosyang sama memberikan kesan yang berbeda dalam kemasan yang beda

2. Menjaga kondisi barang aman hingga diterima konsumen
Hal ini sangat membantu bagi kita yang berjualan secara online. Packaging akan memudahkan kita mengemas paket yang akan dikirim melalui jasa penitipan barang.

3. Memudahkan Customer ketika ingin menghadiahkan produknya kepada orang lain.
Seringkali produk aksesoris yang dibeli tidak untuk dikenakan sendiri, banyak yang membeli bros untuk di hadiahkan. Kemasan yang menarik akan memudahkan mereka saat ingin memberikan hadiah kepada orang-orang tersayang.

4. Sebagai Media Mendisplay Barang saat Pameran 
Ketika mengikuti bazar atau pameran, display produk sering menjadi PR tersendiri. Kalau bawa alat display kebanyakan, cukup menyulitkan proses loading barang di lokasi pameran(apalagi kalo pas jaga bazar sendirian ya) Lain ceritanya saat kemasan yang kita gunakan juga sudah menarik untuk dijadikan display.

packaging.jpg

kotak beludru kemasan bros berfungsi juga sebagai media display saat bazar berlangsung

Menentukan Kemasan yang Tepat
Banyak hal yang bisa kita jadikan pertimbangan saat akan membuat kemasan, namun saya sendiri membuat kemasan berdasarkan pertimbangan berikut ini :

1) Anggaran
Sebelum menentukan harga jual produk, sebaiknya sertakan juga anggaran dana untuk pembuatan kemasan. Idealnya harga kemasan tidak lebih besar dari 15%. tapi dalam beberapa kasus bukan nggak mungkin lho, kemasan yang keren akan membuat orang jauh lebih yakin uantuk membayar lebih mahal, meskipun produk yang dijual sama persis.

2) Sesuaikan dengan Fungsi Utama
Walaupun memiliki fungsi mempercantik barang dagangan yang kita jual, namun fungsi utama kemasan adalah untuk menjaga kualitas dagangan kita tetap prima hingga diterima oleh konsumen. Maksudnya kalau yang kita jual adalah bros dari bahan glass bead/kaca yang rentan pecah saat terkena guncangan, ada baiknya menghindari kotak dari bahan keramik. Kesannya memang lebih lux dan mewah tapi tanpa pengaman kain halus/busa di dalamnya maka resiko retak, pecah ataupun lecet saat terjadi guncangan juga akan jadi jauh lebih besar.

3) Pilih Kemasan dengan ukuran yang Pas dan Tepat Guna
Idealnya kemasan yang kita pilih punya ukuran yang fixed/sesuai dengan produk yang kita jual. Tapi kalau produk yang kita jual memiliki keragaman, wah bisa-bisa kita jadi kolektor kemasan ya (secara umumnya pemesanan kemasan minim adalah seratus untuk masing-masing ukuran).

Disinilah kita dituntut kreatip pren, untuk kalung dan gelang yang umumnya punya bentuk dan ukuran lebih fleksible, kemasan dapat dibuat berupa kantong atau dompet dari kain yang bentuknya bisa menyesuaikan aksesoris kita, apalagi kalau harganya bisa lebih murah dari box/kotak.

kantung-serut

Bahkan ada beberapa teman juga yang secara brilian mengemas kemasan cantik bentuk dompet ini sebagai bonus yang daapt dipilih warna dan motifnya ^_^ bukan nggak mungkin lho pren… calon pembeli yang awalnya ragu mau beli aksesoris kita, niatnya menjadi menggebu-gebu setelah lihat bonus dompetnya yang cantik (wah jadi satu strategi pemasaran yang briliant kan pren)

5)Pertimbangan Tampilan Kemasan
Sebaiknya pilih kemasan yang aman, namun tidak terlalu tertutup. Sehingga calon customer bisa melihat aksesoris, tanpa harus repot-repot membuka tutupnya. Dengan demikian calon pembeli hanya akan mengambil produk yang dia suka untuk dibuka dan dicoba (kecuali dia suka semua ya terpaksa semua dibuka… hihihihi).

Kondisi ini akan menjadikan kotak kita jadi lebih awet dan tragedi hilangnya tutup kemasan (karena keseringan dibuka tutup kotak juga lebih rentan rusak)

Koleksikikie menyediakan Kemasan Aksesoris.
Koleksikikie menyediakan kotak kemasan aksesoris dalam dua pilihan

1. Botak bros mika bening
Untuk kotak kemasan dari mika bening, yang akan dikirim dalam bentuk lembaran masih belum terlipat, harga kotak mika adalah sbb:
mika ukuran 8×8 eceran 1500, beli 100 buah Rp 125.000
mika ukuran 7×7 eceran 1250, beli 100 buah Rp 100.000
mika ukuran 6×6 eceran 1000, beli 100 buah Rp 85.000
mika ukuran 5×5 eceran 750. beli 100 buah Rp 65.000

kemasan-kotak-beludru

2. kotak bros beludru Hitam
kotak ukuran 5×5 @3000, beli selusin Rp 30.000
kotak ukuran 6×6 @4000, beli selusin Rp 40.000
kotak ukuran 7×7  @5000, beli selusin Rp 50.000
kotak ukuran 8×8 @6000, beli selusin Rp 60.000
Semua kotak kemasan memiliki ketinggian 3 cm

Bahannya terbuat dari beludru warna hitam dengan penutup dari bahan mika transparan. Kalau ingin membeli kotak beludru, yang perlu dipertimbangkan adalah : jasa pengiriman umumnya tidak hanya menghitung berat namun juga volume paket pren, sehingga meskipun ini jenis benda ringan…tapi biaya kirimnya bisa jadi mahal karena ukurannya yang besar. Jadi kalau kita butuh dalam jumlah banyak coba deh mulai hunting tempat souvenir atau pembuatan kotak yang tersedia di kotamu, sehingga biaya pengirimannya juga tidak besar.

Okay sahabat, semoga sharingnya bisa bermanfaat yaa.. lup you pren (kie)

Leave a Reply