Home Pageceloteh kikieArtikel Koleksikikie di Otonomi.co.id

Mar 17

Artikel Koleksikikie di Otonomi.co.id

koleksikikie

Sejak bergabung dengan Qlapa sebuah market place yang mengkhususkan diri untuk menjual produk-produk handmade karya anak bangsa secara online, Alhamdulillah ada banyak sekali hal positif yang kami rasakan.

Tidak seperti marketplace lain, yang hanya berfokus pada berapa besar angka penjualan yang terjadi, Qlapa memberikan perhatian khusus kepada para pengrajin lokal dengan mengangkat kisah perjuangan mereka berbisnis kerajinan tangan. Dan Koleksikikie menjadi salah satu profil yang diangkat kisahnya oleh Qlapa.com dan kemudian di publish sebagai artikel di website otonomi.co.id yang secara lengkap dapat dilihat di website berikut ini  www.otonomi.co.id

artikel koleksikikie di otonomi

Artikel ttg Koleksikikie yang ditulis oleh Dian Rosalina, Reporter  otonomi.co.id

Bagaimana Cara Bergabung di Qlapa?

Kalau sahabat koleksikikie bisa membuat kerajinan/craft namun masih mengalami kesulitan dalam memasarkan kerajinan tangannya. Gabung aja di Qlapa…
Tapi sebaiknya kita sudah memiliki terlebih dahulu katalog online dari produk yang kita hasilkan.

koleksikikie-2016-2017

contoh katalog online Koleksikikie di Instagram

Katalog online adalah halaman yang bisa diakses secara online, dan memuat foto produk2 yang telah kita hasilkan. Katalog online ini bisa kita buat di akun instagram, atau halaman facebook fanspage.(Kalau bisa buat dua-duanya malah lebih bagus banget lho).

Kenapa Katalog Online Penting ?
Katalog online ini akan memudahkan tim qlapa untuk memverifikasi usaha kita dan menempatkannya di kelompok mana. apakah masuk di kerajinan aksesoris, fashion, furniture/peralatan rumah tangga.

Selain itu dengan sudah membuat katalog online kita sudah memiliki pengalaman mengelola toko online, mulai dari bagaimana membuat foto produk, memberi keterangan di setiap gambar hingga kemudian mempromosikan bisnis kita tersebut.

Kalau masih baru pertama bikin dan ngerasa gak pede sama hasilnya gak usah sedih… karena qlapa juga secara rutin menyajikan informasi berupa artikel di halaman blog, yang memuat berbagai tips sukses berbisnis online. Artikelnya ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana namun sarat informasi, sehingga mudah untuk kita praktekkan.

Gak cuma itu lho, secara rutin qlapa juga menyediakan jasa sesi foto produk gratis yang akan membantu seller untuk bisa menyajikan tampilan terbaik dari produknya. Pemotretannya dilakukan di kantor Qlapa oleh fotografer pro, kita cukup mengirimkan produk-produk handmade yanga kan kita jual di Qlapa. Ih seruuu banget yaaaaa

Qlapa Mempromosikan Usaha Karya Anak Bangsa
Dengan semakin banyaknya market place yang ada di Indonesia, dengan beragam fasilitas dan kemudahan yang dijanjikan. Wajar banget kalau kita mungkin agak bingung untuk milih akan bergabung dimana. Saya sendiri memilih bergabung dengan qlapa melalui serangkaian  pertimbangan.

Bagi saya Qlapa ini adalah etsy-nya Indonesia. Orang-orang yang mengapresiasi produk kerajinan tangan, ataupun ingin mendapatkan harga terbaik langsung dari pengrajin agar menguntungkan ketika dijual kembali, pasti akan mencari barang di Qlapa. Dan walaupun di tempat ini akan ada banyak pengrajin yang memiliki tipe produk sejenis kita, namun nilai seni dan rasa yang kita tambahkan di produk handmade yang kita hasilkana kan sangat berbeda satu dnegan yang lainnya. Tapi Branding yang kuat akan mengajak lebih banyak orang untuk datang, setelah mereka datang disinilah kepiawaian kita sebagai pengrajin dibutuhkan untuk bisa menghasilkan produk2 yang bersaing.

Untuk memperkuat brandingnya, qlapa secara rutin melakukan :
– promosi online, baik melalui sosial media serupa instagram, google ataupun facebook
– bekerjasama dengan situs online lain (seperti http://www.otonomi.co.id) diantaranya yang sudah mempublikasikan tentang situs qlapa adalah :

publikasi qlapa

– melakukan komunikasi dengan para seller melalui chat group, dimana pihak qlapa biasa membagikan informasi tentang hasil penelitian dan pengembangan yang mereka lakukan. misalnya : kota mana saja yang biasa mengakses produk2 qlapa, warna apa yang paling sering terjual, apa yang paling banyak dicari orang dsb. Tentu saja informasi ini sangat membantu para pengrajin untuk meningkatkan kualitasnya.
– melakukan promosi offline dengan mengikuti berbagai pameran berskala nasional dan internasional. Yang terbaru, qlapa akan mengadakan gathering dengan para seller-nya Qlapa Market yg tgl 31-2 Maret di Lippo Mall Kemang (INFO LENGKAP bisa menghubungi Eveline Qlapa di Nomer +62 899-8893-297⁠ )

Semoga infonya membantu ya sahabat… (kie)

 

 

Leave a Reply