Home PageaksesorisMacam-Macam Kalung Berdasarkan Panjangnya

Jun 10

Macam-Macam Kalung Berdasarkan Panjangnya

mengukur panjang kalung
Kalung, adalah salah satu aksesoris favorit yang banyak digemari oleh kaum wanita. Berdasarkan desain ukuran panjangnya saat dilingkarkan ke leher, kalung terbagi menjadi 6 buah model, yakni :
– Collar 30 – 33 cm
Chokker 35 – 40 cm
Princess 43 – 48 cm
Tiga jenis kalung yang disebutkan diatas, memiliki ukuran relatif pendek. Jenis kalung ini lebih cocok u perempuan yang dalam kesehariannya tidak menggunakan kerudung/jilbab, sementara untuk mereka yang berkerudung ada beberapa jenis kalung yang relatif lebih panjang dan mudah dipadupadankan dengan busana muslim yakni :
Matinee 50 sd 60 cm
Opera 71 sd 86 cm
Rope/Lariat lebih dr 115 cm
Ketiga desain terakhir cocok dikenakan perempuan dengan busana muslimah yang menggunakan kerudung.

 

Secara lebih detail berikut ini ulasan singkat tentang 6 desain diatas, dan contoh pengaplikasiannya saat telah menjadi kalung.
1. Collar Necklace (30 – 33 cm)
Kalung Collar atau kerah baju, sepintas mirip dnegan chocker, namun perbedaan yang sangat kentara adalah kalung jenis ini biasanya dipakai sejajar kerah baju, menempel erat pada batang leher penggunanya seperti tampak pada gambar berikut ini

collar-necklace
Desain kalung ini cocok dipadukan dengan atasan leher V, sabrina, atau pakaian yang menampakkan area leher. Kalung model ini memberikan kesan jenjang pada leher penggunanya.

2. Chocker Necklace (35 – 40 cm)
Desain kalung chocker, juga dikenakan pas pada leher, namun lebih ke arah dasar tenggorokan. Kalung jenis ini dapat dibuat menggunakan berbagai bahan baku seperti : beludru, plastik, manik-manik, kulit, logam (seperti perak, emas atau platinum, dll) juga ornamen tambahan seperti manik-manik, kancing, atau liontin .

Chocker necklace
Desain kalung chocker biasanya dipilih untuk aksesoris yang digunakan di acara resmi, dengan potongan kerah/desain pakaian di area leher terbuka (kerah sabrina, v atau semacam kemben). Memberi kesan anggun dan feminin bagi penggunanya.

3. Princess Necklace (43 – 48 cm)
Kalung dengan desain princess ini merupakan jenis kalung pendek yang paling umum ditemukan dan digunakan para wanita. Desain ini cocok untuk gaya resmi maupun casual, tergantung pada warna serta pilihan bahan kalung yang digunakan. Model paling classic yang terus ada dari masa ke masa adalah kalung bahan mutiara speerti tampilan berikut ini.

princess necklace

4. Matinee Necklace (50 sd 60 cm)
Desain kalung di kategori ini biasanya jatuh diantara tulang leher dan garis payudara atas. Kalung dengan desain Matinee juga bagus untuk bisnis atau penampilan kasual. Padukan kalung ini dnegan busana yang memiliki potongan Off-the-shoulder, persegi /sudut atau V-neck tops.

model kalung matinee.jpg

5. Opera Necklace (71 sd 86 cm)
Kalung dengan desain opera, merupakan jenis kalung yang paling banyak dijual di koleksikikie.com. Kalung dengan desain ini menjadi faforit dari masa ke masa, karena mudah dipadukan dengan beragam bentuk busana, selain itu, kalung sepanjang ini juga cocok dipakai oleh muslimah yang menggunakan kerudung.

model kalung tondano

6. Rope/Lariat (panjang lebih dari 115 cm) 
Lariat adalah desain kalung panjang (umumnya lebih dari 115cm) yang memiliki desain melilit dan tidak memiliki kait spesifik di kedua ujung pangkal kalung.
Kondisi ini menyebabkan kita, bisa menggunakan kalung dengan desain ini dalam beberapa cara sekaligus, diantaranya :
– cara sederhana yang praktis dan mudah, yakni : mengikat kedua ujung kalung itu bersama-sama.
– cara lain untuk memakai kalung ini adalah dengan melilitkannya di sekitar leher beberapa kali, sehingga kalung akan tampak memiliki panjang bertingkat.

model-kalung lariat

Panduan Memilih Kalung sesuai dengan bentuk wajah
Agar peranan kalung sebagai aksesoris dapat menunjang penampilan, saat memilih desain yang akan kita pakai, ada baiknya kita mencocokkannya terlebih dahulu dengan bentuk wajah kita.

Pada Dasarnya wajah manusia terbagi menjadi beberapa bentuk sebagaimana berikut ini

bentuk-wajah-wanita

Untuk Wajah bentuk ROUND & Square
Sebuah kalung panjang akan menyeimbangkan bentuk wajah. Pilih kalung panjang dengan desain matinee dan opera.  Kalung dengan liontin runcing atau bentuk V juga akan membantu memberi siluet memanjang pada wajah.

PEAR & TRIANGLE
Untuk kelompok orang dengan bentuk wajah pear atau triangle, sebaiknya pilih kalung panjang jenis matinee atau princess. Kalung ini akan menghaluskan imej rahang yang lancip dan runcing.

HEART & INVERTED TRIANGLE
Pemilik wajah berbentuk hati dan segitiga terbalik, sebaiknya memilih kalung pendek, kalung dengan potongan desain yang membulat dan kontras dengan panjang wajah dan sudut dagu. Pilih kalung dengan desain chocker ataupun princess dengan panjang antara 43 sd 48 cm.

RECTANGULAR
untuk memberikan kotras pada panjang wajah, pilih kalung pendek. Pilihan terbaik menurut saya adalah kalung dengan desain chocker atau potongan princess. Pilih yang memiliki desain membulat agar memberi efek menghaluskan garis keras pada area dagu.

OBLONG/BUJUR
Kelompok dengan wajah berbentuk oblong, biasanya memiliki dahi lebar dan wajah yang relatif memanjang. Pilih desain chocker atau potongan model princess. Hindari kalung-kalung panjang yang justru akan memperkuat kesan panjang pada wajah penggunanya.

OVAL & DIAMOND
Wajah jenis ini bisa dibilang cocok untuk hampir semua desain kalung.

buyers-guide-lengths Yang mana kalung favoritmu?
share dengan kita di rubrik komen pada artikel ini yaaa…
(kikie)

Tags:

Leave a Reply