Home PageaksesorisMemilih Kawat untuk Aksesoris

Jun 19

Memilih Kawat untuk Aksesoris

Kawat sebagai Aksesoris.
aksesoris yang menggunakan bahan baku kawat belakangan ini menjadi salah satu jenis aksesoris yang banyak digemari oleh perempuan pecinta mode di Indonesia. Kerajinan membuat aksesoris dari kawat berkembang pesat dengan banyaknya komunitas pecinta wire jewelery, serta aneka tutorial membuat aksesoris kawat dalam bahasa Indonesia. Artikel ini akan membahas tentang cara memilih ukuran kawat yang tepat, untuk menghasilkan aksesoris yang memikat

memilih-kawatgaris besar panduan memilih kawat

TIPS Memilih kawat yang tepat Untuk Membuat Aksesoris
1. Tentukan Materi/Jenis aksesoris yang akan kita buat.
Proyek aksesoris  kawat yang berbeda biasanya membutuhkan jenis bahan baku yang berbeda; baik ukuran, warna maupun material utama pembentuk kawat tersebut. Kawat yang digunakan untuk membuat rangka cincin akan berbeda ketebalannya dengan kyang dibutuhkan untuk membungkus manik-manik. Kawat berwarna silver akan memberikan kesan simple, namun warna-warna gelap/gun metal akan memperkuat kesan etnik dari aksesoris yang kita buat. Jadi tentukan dulu jenis aksesoris yang akan kita buat, baru kemudian memilih jenis kawat yang sesuai.

bros-wire-005

2. Sesuaikan kawat dengan harga jual aksesoris yang akan kita buat
Kawat aluminum, coated wire for crat ataupun kawat tembaga biasanya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kawat perak tulen, atau kawat lapis emas. Otomatis, harga jual akhir dari aksesoris kawatnya juga akan berbeda.

Apabila segment pengguna aksesoris kawat kita adalah kelompok masyarakat menengah ke atas, kita bisa memilih menggunakan yang mahal… namun apabila kita sudah menyadari bahwa daya beli pelanggan kita kurang, sebaiknya bijaklah memilih, dengan mencari alternatif kawat yang harganya lebih terjangkau dan mudah didapatkan.

Namun kawat dengan harga murah biasanya memiliki kandungan nikel cukup tinggi, nikel ini yang biasanya memicu timbulnya reaksi alergy pada beberapa pengguna aksesoris. Sehingga desain akseosris yang bisa dipilih menjadi terbatas, sebaiknya hindari aksesoris yang bersentuhan langsung dengan wilayah kulit yang sensitif (misal tusuk anting, pilih bahan terbaik. Sebab banyak pengguna aksesoris memiliki jenis kulit yang sensitif)

3. Ukuran Kawat akan sangat menentukan Desain yang kita buat
Pilih ketebalan sesuai pola atau desain aksesoris kawat yang akan kita rangkai, apabila masih bingung
rumus umumnya kurang lebih sbb (khusus untuk kawat yang bahan utamanya berupa tembaga/cooper):
– Kawat 30 -gauge atau 28 -gauge ( 0,25-0,32 mm )
biasanya digunakan untuk membuat perhiasan halus dan sangat bagus untuk desain rajutan/kawat tenun, membungkus rangka cincin, merangkai mutiara yang memiliki lubang kecil juga untuk membuat rantai kecil.

silver-crochet-2 gelang ini menggunakan teknik rajut

– Kawat 26 -gauge ( 0,40 mm )
biasanya digunakan untuk membungkus manik-manik dan membuat loop rantai kecil.
– Kawat 24 -gauge ( 0,51 mm )
bisa dibilang merupakan jenis yang paling lazim digunakan untuk sebagian besar proyek manik-manik. Ketebalannya cocok untuk masuk hampir di sebagian besar lubang manik-manik, tidak terlalu halus tapi juga tidak terlalu besar.  Pada kawat ukuran ini istilah keriting/ruwet mulai ditemukan, sehingga kita akan membutuhkan tang pelurus untuk mengembalikannya pada bentuk semula. Tang untuk meluruskan kawat dikenal juga dengan istilah nylon jaws plier.
– Kawat 22 -gauge ( 0,64 mm )
kawat ukuran ini bisa dipakai untuk membungkus batu, anting-anting dan liontin. Ukuran ini bisa dibilang ukuran menengah tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis.

wire tree
Salah satu tutorial yang menggunakan jenis kawat ini bisa dilihat pada link berikut :http://www.wikihow.com/Make-a-Wire-Tree-Sculpture

– Kawat 20-18 -gauge ( 0,81-1 mm )
kawat ini biasanya digunakan untuk membuat aneka jenis claps, rangka cincin, ring, kait anting dan juga peniti. Kawat ukuran ini juga bisa dirangkai menjadi rantai tebal atau untuk eyepin saat merangkai manik kaca (yang umumnya memiliki lubang lebih besar dibandingkan dengan manik jenis lainnya).

cincin-wirerangka cincin menggunakan kawat ukuran 0.8mm

– Kawat 16-14 -gauge ( 1,3-1,6 mm )
Ukuran ini sudah termasuk jenis kawat yang tebal, biasanya dipakai untuk rangka aksesoris kawat yang berat (bangle atau kalung bersusun). Saya sendiri biasanya menggunakannya saat membuat aksesoris dari batu-batu druzy yang berat. Beberapa wire artis menggunakan kawat ini untuk membentuk pola unik yang kemudian digantungkan sebagai charm/hiasan. Kita juga bisa menggunakannya sebagai rangka kap lampu.

display foto kawat yang dimanfaatkan sebagai display foto 

Selamat Berkreasi membuat aksesoris kawat ya sahabat (kie)

Tags: , , ,

1 comment

  1. Zuhro says: June 21, 2016

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply