Home Pageceloteh kikieBelajar Merangkai Kalung Manik-Manik (II)

Feb 11

Belajar Merangkai Kalung Manik-Manik (II)

Kalau artikel sebelumnya telah membahas, bagaimana membuat kalung manik-manik dengan menggunakan teknik meronce di senar pancing, kali ini kita akan membahas teknik nomer dua dalam membuat kalung manik-manik, yakni :

2. Kalung dengan teknik paku dan jarum.
Proses pembuatan kalung jenis ini bisa dibilang yang paling dasar dan sering sekali digunakan dalam berbagai desain. Sehingga penguasaan teknik ini secara baik akan mampu membantu kita berkreasi membuat beragam jenis aksesoris, seperti : kalung, gelang, anting-anting, juga bros.

Adapun bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut :

bahan-kalung1. Kristal donat 8mm = Rp 10.000
2. mutiara jeruk 6mm = Rp 5.000
3. kristal tetes 8mm 1 bks = Rp 5000
4. ring silver 1 bks = 5000
5. paku headpin  1 bks = 7500
6. jarum eyepin 1 bks = 7500
7. kait udang/pengait kalung 1bks = 5000
Estimasi total bahan (berdasarkan harga tahun 2015, Februari) = Rp  45.000
alat yang dibutuhkan berupa tang set dasar isi 3 (bila tidak punya harga satu set Rp 45.000)
bahan-bahan ini bisa didapatkan di album bahan di toko manik-manik koleksikikie

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

Tutorial-Membuat-Kalung-ManTeknik paku dan jarum ini merupakan teknik paling dasar dalam membuat beragam aksesoris, kunci utama dalam menentukan kerapian pembuatan aksesoris jenis ini adalah kemampuan membuat loop (lingkaran pada paku jarum) hingga berbentuk bulat sempurna. Untuk itu kita harus memiliki peralatan yang lengkap, karena untuk membuat loop yang bulat sempurna harus menggunakan tang putar atau round nose plier (tang dengan ujung bulat sempurna)

Langkah-langkah membuat loop yang bulat tampak sebagaimana gambar diatas :
– langkah pertama, masukkan manik-manik yang akan kita rangkai pada paku, lalu tekuk paku 90 derajat.
– selanjutnya potong paku yang sudah ditekuk tadi, hingga menyisakan panjang kurang lebih 1 cm saja. sisa paku inilah yanga kan kita tekuk membentuk loop/lingkaran.
– jepit ujung paling luar dari paku yang tadi sudah dipotong, dengan menggunakan tang bulat, lalu buat lingkaran 360 derajat berlawanan arah dengan posisi ujung paku tadi.
– nantinya ujung paku akan tampak bulat sempurna seperti gambar diatas.
apabila kita ingin menyambung paku, buka terlebih dahulu ujung loop, lalu masukkan jarum di bagian yang terbuka itu. Saat jarum sudah ada dibagian dalam loop, kembali rapatkan. Inilah dasar dalam membuat rangkaian kalung, untuk membuat desain yang lebih rumit, siapkan beberapa bagian kalung seperti tampak pada gambar, lalu satukan rangkaian-rangkaian tersebut, hingga membentuk kalung chocker untuk pesta yang cantik. Bisa juga kita tambahkan dengan anting ataupun gelang yang senada menggunakan bahan yang sama. Sehingga tampak sebagaimana gambar berikut ini

chocker

(bersambung)

 

 

 

Leave a Reply