Home Pagebros manik-manikPlat/Lempengan sebagai variasi dalam membuat aksesoris

Jul 19

Plat/Lempengan sebagai variasi dalam membuat aksesoris

langkah-7

Lempengan adalah ornamen dari bahan plat ringan (bukan plastik) yang memiliki desain/motif yang bermacam-macam. Variasi warnanya cukup beragam dengan warna dasar :
1. emas bakar

LMB-mawar

2. emas bakar kemerahan

KMB-bunga-merah-02

3. gold/kuning emas

LG bunga salju

 

4. silver.

LS-wajik
Plat sering saya pergunakan dalam pembuatan aksesoris. Bahan ini cocok digunakan menjadi banyak ragam desain, namun plat juga bisa digunakan dalam teknik jahit menjahit, misalnya misalnya sebagai varian dalam pemasnagan payet baju. Namun yang harus diperhatikan, sebaiknya pakaian yang memiliki hiasan berupa plat besi, dicuci dengan teknik dry claning agar tidak menimbulkan bekas karat pada kain akibat proses pencucian. Bila ingin menghindari kondisi ini, sebaiknya plat dibuat dalam bentuk bros yang bisa dipasang dan dilepas pada pakaian. sSalah satu teknik sederhana yang bisa kita gunakan dalam membuat variasi menggunakan plat/lempengan ini adalah sebagai berikut

Variasi-lempengan 
Dengan teknik seperti memasang payet pada baju kita bisa membuat varian dengan lempeng seperti gambar diatas. Caranya kurang lebih sbb : siapkan bahan berupa lempengan, batu pecah (atau bisa diganti dengan manik-manik lain sesuai selera) lempengan, dan kawat ukuran 0.4mm disiapkan. Potong kawat kurang lebih sepanjang 30cm, masukkan kawat ke dalam lempengan dengan tusuk balik, seperti saat memulai menjahit payet pada kain, masukkan manik-manik, rangkai pada permukaan lempengan.. dan aplikasi lempengan inipun siap digunakan bisa sebagai bros, tambahkan kait anting dan menjadi anting, atau bisa juga ditempelkan pada rangka cincin dan menjadi cincin dengan tema etnik.

alternatif lain dalam memvariasikan lempengan ini diantaranya sebagai :

1. Pendant/Liontin Kalung

chery-002 chery-001

 

untuk memberikan hasil akhir yang dramatis, kita bis amenggabungkan beberapa jenis lempengan sebelum menambahkan manik-manik pada permukaannya.

2. Kalung dengan Nuansa Etnik

rini-009
3. Cincin Etnik

cincin-etnik 4. Peniti Hias 

variasi-lainnya

tertarik untuk mengetahui cara membuat aneka aksesoris menggunakan lempengan ini? silahkan kunjungi web http://koleksikikie.com/tutorial/ yang menyediakan berbagai tutorial merangkai aksesoris dari manik-manik gratis. Selamat Mencoba (kie)

4 comments

  1. siti zurraida says: June 18, 2015

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply