Home PageReview BahanAneka Ragam Mutiara Imitasi

Jun 26

Aneka Ragam Mutiara Imitasi

Mutiara Imitasi atau dikenal juga sebagai mutiara sintetis adalah mutiara yang dalam proses pembuatannya dilakukan oleh manusia, baik secara tradisional (menggunakan alat sederhana oleh home industry) maupun menggunakan peralatan canggih melalui pabrik-pabrik besar. Ragam jenisnya pun amat bermacam-macam, dibedakan dari : jenis inti mutiara, metode pelapisan yang digunakan, teknik pewarnaan, bahan baku utama pembuatan mutiara dan lain sebagainya.

 

Berbagai metode yang digunakan untuk membuat mutiara imitasi diantaranya adalah :
1. Memilih bahan sebagai inti mutiara, yang kemudian diproses dengan melapisinya menggunakan zat pearlescent untuk meniru warna alami dari nacre, atau ibu dari mutiara (bagian pada tiram yang biasanya berupa butiran dan hanya ada satu buah dalam satu tiram)
2. Menggunakan bahan baku dari alam (misal dari kulit kerang) yang kemudian dibentuk menggunakan alat hingga menyerupai butiran mother of pearl. Kalau proses pembentukan menggunakan bahan baku mother of pearl, dan bersifat merapikan, memotong, menghaluskan tonjolan maka ini masih dalam kategori mutiara asli yang di proses, atau di pasaran dikenal dengan istilah mutiara bohemian.
3. Memasukan butiran pasir/benda lain ke dalam tiram, untuk kemudian dibudidayakan. Hasil akhir dari mutiara jenis ini biasanya dikenal juga sebagai mutiara air tawar.

 

Di pasaran banyak sekali ragam dan jenis mutiara yang beredar, mutiara asli biasanya dijual per gram dengan kisaran harga yang cukup fantastis. Hal ini wajar, mengingat proses untuk menemukan mutiara jenis ini cukup sulit, kualitas terbaik biasanya ditemukan di Laut Selatan. Mutiara imitasi hadir dengan harga relatif terjangkau, di antaranya ada :

 

1. Mutiara Kerang/Shell Pearl
Shell pearl merupakan mutiara imitasi, karena proses pembuatannya melibatkan peran manusia. Mutiara jenis ini berasal dari bahan baku berupa shell-shell besar dan tebal yang dipotong dan dibentuk menyerupai mutiara. Shell pearl dibuat dari cangkang/tiram yang mengandung nacre, yang kemudian dibentuk menyerupai butiran mutiara

Beberapa jenis shell pearl dibentuk dengan melapisi bahan yang dipilih sebagai inti mutiara, dengan lapisan yang berasal dari cangkang kerang mutiara yang dikelupas, kemudian dihaluskan, dibentuk dan di poles agar menjadi mutiara dengan bentuk, warna dan berat yang diinginkan. Keunggulan utama dari shell pearl ini, bentuk yang dihasilkan bisa seragam dan disesuaikan sehingga akan tampil cantik saat dirangkai menjadi untaian aksesoris. Selain itu warnanya pun beragam, dengan hasil yang cukup menyerupai mutiara air laut aseli.

Warna Shell Pearl

2. Mutiara Kaca
Mutiara kaca adalah istilah yang diberikan untuk mutiara sintetis yang menggunakan bahan baku berupa kristal/kaca. Biasanya mutiara jenis ini cukup berat dan dingin saat dipegang, proses pewarnaannya menggunakan metode dicelup atau disemprot dengan bahan pearlescent, yakni warna-warna yang menyerupai mutiara asli.

Biasanya harga mutiara jenis ini akan sangat tergantung dari ukuran, jenis lapisan pewarna, dan teknik/proses pewarnaann yang dilakukan. Semakin besar butiran mutiaranya, akan semakin mahal. Untuk menghasilkan mutiara sintetis berkualitas tinggi yang tidak mudah terkelupas catnnya, biasanya akan semakin banyak lapisan pewarna yang digunakan saat proses pengecatan. Warna yang dihasilkan pun snagat beragam.

glass pearl

 

 

Metode dan cara yang dilakukan saat pengecatan mutiara akan menghasilkan banyak model dan jenis mutiara sintetis,  misalnya seperti : mutiara kulit jeruk, mutiara polos, mutiara dua warna (dalam satu butir) mutiara, mutiara doff.

mut-jeruk-gradasi-coklat

 

3. Mutiara Plastik
Pada prinsipnya hampir sama dengan mutiara kaca, hanya saja inti yang digunakan berupa manik plastik. Sehingga perbedaan yang akan sangat terlihat adalah, mutiara dengan inti plastik ini cenderung lebih ringan, dan relatif lebih murah. Ciri lain yang terlihat jelas, mutiara dengan bahan plastik memiliki lubang manik yang besar.

 

Mutiara Swarovski
Pabrik Kristal Swarovski di Austria, juga ikut mengeluarkan rangkaian seri produk mutiara sintetis yang dikenal dengan istilah mutiara kristal swarovski, yakni : mutiara imitasi yang dibuat dengan menggunakan kristal Swarovski sebagai inti dari manik-manik ini. 

Dengan menggunakan kristal sebagai inti, hasil akhir mutiara ini terlihat nyaris menyerupai mutiara air laut. Ukuran dan Beratnya dibuat menyerupai mutiara air laut, karena sedari awal kristal yang digunakan sebagai inti telah dipilih dengan seksama. Proses pembuatannya kurang lebih : setelah bola kristal dengan ukuran tepat dipilih, selanjutnya pada masing-masing bola kristal ini dilapisi dengan beberapa lapis ibu dari mutiara (yang sebelumnya dihancurkan terlebih dahulu agar dapat dijadikan formula pelapis) Dasar kristal di pusat manik adalah faktor utama yang menjadikan mutiara imitasi ini tampak berkilau, sehingga setelah proses pelapisan berlangsung mutiara Swarovski akan tampak lebih bercahaya dibandingkan dengan mutiara imitasi.

Mutiara swarovski saat ini memiliki 29 varian warna, termasuk hitam, coklat, krem, cokelat tua, krim naik, hijau tua, hijau muda, hijau bubuk, merah marun dan biru muda. Ada juga yang memiliki penampilan logam dan populer termasuk kuningan antik, emas terang, perunggu, emas dan tembaga yang masuk dalam kelompok warna Pearlized. Beberapa warna dengan nuansa ringan diantaranya rose powder, peach, putih, ungu muda dan almond. 

mutiara swarovski

Beberapa mutiara imitasi memiliki kelemahan, diantaranya : lapisan warna mutiara menghilang/luntur saat kontak dengan parfum atau keringat atau cat pada mutiara imitasi biasanya juga mudah tergores dan mengelupas. Namun hal ini tidak terjadi pada Mutiara Swarovski, mutiara swarovski memiliki warna yang awet dan tidak rentan terhadap kerusakan dari keringat atau parfum. Permukaannya pun bisa dicuci dengan air bersih. Yang menurut saya paling menyenangkan, warna-warna yang dihasilkan oleh mutiara merk swarovski ini cenderung sudah baku sesuai katalog yang mereka keluarkan, sementara kalau kita beli di pasaran hampir tidak ada standard yang jelas warna pink akan seperti apa. Pink yang dibeli minggu ini bisa berbeda kadar ke”pink”an nya dengan yang dibeli pada minggu berikut dari toko yang sama. Sehingga cukup menyulitkan saat berkreasi membuat aksesoris yang membutuhkan padu padan warna.

Beberapa mutiara sintetis dapat dibeli di http://koleksikikie.com/toko pada album Mutiara (kikie)

sumber : wikipedia

 

 

 

1 comment

  1. Nadia says: December 13, 2015

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply