Home Pagemembuat cincinMembuat Cincin Wire dengan Menggunakan Mandrel

Aug 14

Membuat Cincin Wire dengan Menggunakan Mandrel

Sahabat

Mandrel adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk membuat aksesoris berbentuk lingkaran. Biasanya untuk mengukur besar lingkar cincin atau bangle. Bahan dasarnya bisa terbuat dari kayu atau besi.

Kalau beberapa sahabat koleksikikie masih bingung, bagaimana cara menggunakan alat ukur yang satu ini, panduan sederhana berikut ini, mungkin akan bisa memberi sedikit gambaran, tentang bagaimana kita bisa menggunakan mandrel untuk menyulap kawat menjadi aneka aksesoris yang cantik ^_^

Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat cincin wire.

sesuai gambar diatas, bahan-bahan tersebut meliputi :

1. Tongkat Mandrel (Rp 40.000)

2 Tang serbaguna stainless (Rp 30.000)

3. kawat Rose Gold uk 1mm (Rp 10.000/5 meter)

4. aneka jenis manik diameter 12mm (pastikan lubang manik cukup besar untuk dilewati kawat ukuran 1mm)

Setelah bahan-bahan tadi siap, langkah berikutnya adalah mengukur lingkar cincin, caranya tampak seperti gambar berikut ini.Ambil cincin yang biasa kita pakai, masukkan pada ujung mandrel hingga berhenti di satu titik tertentu. Kemudian tandai titik tersebut dengan menggunakan pulpen atau spidol. Selanjutnya, titik ini akan menjadi ukuran lingkar jari kita, saat akan membentuk kawat uk 1mm menjadi cincin. Adapun cara membentuk kawatnya juga sangat mudah kok sahabat, detailnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini :

Pertama-tama potong kawat uk 1mm, kurang lebih dengan panjang 35 sd 40 cm. Lalu lilitkan pada titik yang sudah kita tandai sebanyak 3 sd 4 lilitan, pastikan sisa kawat yang belum dililit memiliki ukuran sama panjang. Lalu kunci ikatan kawat ini dengan saling menyilangkan arah kawat secara berlawanan, sehingga akan menghasilkan tampilan seperti gambar berikut ini.

setelah posisi kawat tampak seperti gambar diatas, pada masing-masing ujung kawat masukkan manik uk 12mm. Lalu buatlah loop sederhana, dengan menggunakan ujung round nose plier stainless. Kurang lebih tampilannya akan tampak seperti gambar berikut ini.

Yang perlu diperhatikan, saat membuat loop pada kawat 1mm, buat secukupnya saja hingga lingkaran cukup besar untuk dibentuk menggunakan tangan. Jadi, JANGAN membuat keseluruhan nya dnegan menggunakan kawat, karena cara ini bisa melukai permukaan kawat 1mm

Buat pada dua ujung kawat, lalu arahkan agar menempel kuat dipermukaan batu. Pastikan tidak ada sisa kawat yang memungkinkan batu bergoyang. dan Sim Salabiiiimmmmm…. jadilah cincin cakep hanya dalam waktu kurang 5 menit.

Mau coba bikin sendiri di rumah? Caranya gampang banget kan, harga peralatan dan bahannya juga terjangkau banget…Dan keterampilan ini bisa jadi modal berharga u mengisi waktu senggang, ataupun mempersiapkan bisnis yang lebih serius di masa depan. Kalau sahabat, ingin mendapatkan bahan u membuat cincin mandrel ini, bisa email saya ya prend di koleksikikie@gmail.com atau bisa juga add FB kami di koleksikikie@yahoo.co.id
(kie)

Tags: , , , ,

2 comments

  1. mirsyah darani says: February 10, 2014

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply